Lisa Rumbewas, Atlet Angkat Besi Peraih 3 Medali Olimpiade Tutup Usia

Lisa Raema Rumbewas. (Foto: Jung Yeon Je/Getty Images)

BOGOR-TODAY.COM – Legenda atlet angkat besi Indonesia asal Papua, Lisa Raema Rumbewas, meninggal dunia, pada Minggu (14/1/2024) dini hari di Rumah Sakit Jayapura, Papua.

Kepergian Lisa menyisakan kesedihan bagi dunia olahraga Indonesia. Pasalnya, ia adalah salah satu orang yang membawa kejayaan angkat besi Indonesia ke mata dunia. Ia berhasil meraih tiga medali Olimpiade di cabang olahraga angkat besi.

Lisa Rumbewas lahir pada tanggal 10 September 1980 dalam sebuah keluarga atlet. Ayahnya, Levi Rumbewas adalah seorang binaragawan. Ibunya, Ida Korwa adalah seorang atlet angkat besi.

BACA JUGA :  Awas! Ternyata Ini 5 Sayuran Yang Megandung Tinggi Gula

Terlahir dari keluarga atlet, Lisa telah terlibat dalam olahraga, terutama angkat besi sejak usia dini. Ia juga dilatih oleh ibunya dan akhirnya berhasil menjadi anggota tim angkat besi Indonesia.

Pada usia 20 tahun, Lisa berkesempatan membela tim angkat besi Indonesia di Olimpiade 2000 Sydney. Di ajang tersebut, Lisa bertanding di kelas 48 kg dan tampil memukau. Ia bahkan berhasil mencatatkan total angkatan seberat 185 kg.

BACA JUGA :  Tega, Mertua di Banyuasin Dibacok Menantu Pakai Sajam

Sayangnya, Lisa tidak dapat meraih medali emas karena kalah berat dari atlet Amerika Serikat, Tara Nott. Terlepas dari itu, Lisa menjadi atlet angkat besi pertama yang membawa medali untuk Indonesia di Olimpiade Sydney, di mana Sri Indriyani juga memenangkan medali perunggu di kelas yang sama.

============================================================
============================================================
============================================================