Ritual Cuci Rupang Jelang Tahun Baru Imlek di Bogor

Warga Tionghoa membersihkan patung dewa-dewi (rupang) di Vihara Dhanagun, Jalan Suryakencana, Kota Bogor. (Dok. Bogor-today.com)

BOGOR-TODAY.COM – Dalam menyambut Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 10 Februari 2024, masyarakat Tionghoa di Bogor, mempersiapkan berbagai tradisi dan ritual unik.

Salah satu tradisi khusus menjelang Tahun Baru Imlek adalah upacara pencucian Rupang. Ritual ini dianggap sebagai langkah penting dalam penyucian dan pembersihan patung-patung dewa dan tokoh-tokoh keagamaan yang ada di vihara.

Memandikan rupang merupakan kegiatan rutin setiap penanggalan lunar atau sepekan sebelum Imlek.

Di Vihara Dhanagun misalnya, salah satu vihara terkemuka di Kota Bogor, Jawa Barat ini puluhan relawan bersama-sama melaksanakan ritual cuci rupang.

Acara dimulai dengan doa bersama di dalam Vihara, diikuti oleh prosesi membawa rupang ke area yang telah disiapkan untuk ritual ini.

Ayung Kusuma, pengurus harian Vihara Dhanagun ini menyebut bahwa tujuan adanya ritual cuci rupang ini untuk memberikan rasa damai dan keberkahan bagi keluarga.

“Kami percaya bahwa dengan membersihkan rupang, kita menyambut Tahun Baru dengan hati yang bersih dan penuh kebaikan,” kata Ayung, mengutip dari timetoday.id, Senin (5/2/2024).

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 8 Mei 2024

Menurut Ayung, ritual cuci rupang bukan hanya menjadi momen keagamaan, tetapi juga menjadi ajang berkumpul dan berbagi antaranggota masyarakat. Setelah selesai melakukan ritual, para peserta biasanya berkumpul untuk merayakan bersama dengan menyajikan hidangan khas Imlek dan mengucapkan salam perayaan.

Melalui ritual cuci rupang, masyarakat keturunan Tionghoa berharap dapat memulai Tahun Baru Imlek dengan penuh keberuntungan, kesejahteraan, dan kedamaian.

Semangat perayaan ini membawa pesan universal tentang kebersamaan dan harapan untuk masa depan yang lebih baik.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================