PWI Kabupaten Bogor Edukasi Pelajar SMPN 3 Cibinong Bijak Manfaatkan Media Sosial

Ketua PWI Kabupaten Bogor Subagiyo, saat memberikan penyuluhan kepada siswa dan siswi SMPN 3 Cibinong.

BOGOR-TODAY.COM – Ketua PWI Kabupaten Bogor Subagiyo, kembali memberikan Pelatihan Jurnalistik dan Bijak dalam Memanfaatkan Media Sosial kepada puluhan siswa dan siswi SMPN 3 Cibinong.

Kegiatan yang bertajuk “Bijak dalam Bermedia Sosial (Medsos)”, berlangsung di aula lantai II SMPN 3 Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (06/02/24).

Ketua PWI Kabupaten Bogor, Subagiyo memaparkan, jika kegiatannya yang berkolaborasi dengan Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 3 Cibinong beserta jajarannya itu dirasa sangat penting perlu dilakukan, karena jangan sampai ada anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama asal upload dan share berita apapun dari sumber yang tak jelas ke medos, hingga jangan sampai terjebak dalam informasi hoaks (bohong).

BACA JUGA :  Ketua PWI Kabupaten Bogor Menyeru Siswa SMPN 1 Bojonggede: Bijak dalam Bermedsos

“Bisa dikata, informasi dari medsos belum bisa dipertanggungjawabkan. Nah, karena medsos tidak masuk dalam kategori berita, tentunya ada aturan main yang mengatur. Yang perlu diketahui, jika sampai lalai menggunakan medsos, kalau tidak akhirnya tak mau berujung pada hukum pidana yang berlaku,” kata ketua PWI Kabupaten Bogor, dilokasi.

Di hadapan puluhan siswa dan siswi SMPN 3 Cibinong itu juga, Subagiyo mengakui, beberapa tahun belakangan, medsos menjadi alat untuk mencapai kepentingan.

BACA JUGA :  Siapkan Sekolah Gratis, Sahira Hotels Group Gandeng PKBM Bakti Nusa

Misalnya saja urusan kritik-mengkritik, sampai menjatuhkan lawan atau pesaing. Namun, status yang dipublikasikan di medsos tidak dapat dipertanggungjawabkan, serta tidak jelas sumbernya maupun tak masuk dalam kategori prodak jurnalistik.

“Kalau produk jurnalistik bisa dipertanggungjawabkan. Siapa penulisnya, sumber beritanya, dan uji informasinya jelas. Tapi kalau untuk informasi dari medsos nggak bisa dipertanggungjawabkan,” tegas Subagiyo.

============================================================
============================================================
============================================================