Belasan Rumah Alami Kerusakan usai Tanah Gerak di Cilacap, Warga Mengungsi

Belasan Rumah Alami Kerusakan usai Tanah Gerak di Cilacap

BOGOR-TODAY.COM – Bencana alam tanah gerak merusak belasan rumah warga di Kabupaten Cilacap, pada Kamis (8/2/2024). Bencana itu memaksa sejumlah warga yang rumahnya rusak mengungsi karena sudah tidak bisa ditinggali.

Hasil pendataan ada 13 rumah di Desa Boja, Kecamatan Majenang yang rusak parah akibat bencana tanah gerak. Kerusaka mayoritas terjadi pada dinding dan lantai retak- retak. Hal itu dikatakan Penjabat Bupati Cilacap, Awaludin Muuri.

BACA JUGA :  Kecelakaan Tunggal Mobil di Jalan Jogja-Solo Klaten Nyemplung Selokan

“Bencana tanah gerak ini mulai terjadi sejak Senin lalu saat hujan lebat turun. Awalnya, dinding rumah warga mulai mengalami retakan kecil. Namun, pergerakan tanah semakin parah yang membuat dinding dan lantai rumah hancur,” katanya.

Dia mengungkapkan, lantai dan tanah di sekitar permukiman merekah dengan lebar 30 sentimeter. Dari belasan rumah warga yang terdampak, lima di antaranya hancur dan tak dapat ditinggali.

BACA JUGA :  Layanan Baru Disdukcapil Kota Bogor

Dia menjelaskan, permukiman yang berada di perbukitan ini mengalami pergerakan tanah akibat hujan dengan intensitas tinggi selama beberapa jam.

============================================================
============================================================
============================================================