Gerakan Tanam Cabai, Perluas Sentra Penghasil Cabai dan Kendalikan Inflasi Daerah

Gerakan tanam Cabai yang dilakukan Tim TPID Kota Bogor di enam Kecamatan.

BOGOR-TODAY.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang didalamnya termasuk Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor melakukan gerakan tanam cabai di enam kecamatan di Kota Bogor.

Secara simbolis, gerakan tanam Cabai dilakukan Ketua TPID Kota Bogor yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah bersama Kelompok Tani Dewasa (KTD) Mekar Mencrang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bogor, Hanafi, Kepala DKPP, Chusnul Rozaqi dan warga sekitar di lahan seluas 1.000 meter di RT 02/02, Kelurahan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Selasa (13/2/2024).

Ketua TPID yang juga Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah mengatakan, cabai merupakan salah satu komoditas yang juga berpengaruh terhadap inflasi daerah.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, 27 April 2024

Beberapa waktu lalu ketika terjadi inflasi, harga cabai di tingkat nasional dan daerah termasuk Kota Bogor sempat menyentuh harga Rp 100 ribu/per kilogram.

Sehingga, ketika itu untuk menekan inflasi, Kota Bogor pun melakukan kerja sama dengan daerah penghasil cabai agar menjual hasil pertaniannya ke Kota Bogor, sehingga permintaan pasar bisa terpenuhi dan harga jualnya bisa berangsur turun dan saat ini kembali turun di angka Rp 55 ribu-Rp 70 ribu per kilogram untuk cabai merah besar ataupun keriting dan cabai rawit merah.

BACA JUGA :  PENTINGNYA SERAGAM SEKOLAH UNTUK KEBERSAMAAN

“Jadi kenapa yang ditanam ini sebagian besarnya cabai, karena ketika kita di tingkat kota melakukan monitoring harga bahan pokok cabai ini termasuk yang menyumbang inflasi, karena memang permintaannya tinggi termasuk di Kota Bogor,” katanya.

Karena lanjut Syarifah, selain dikonsumsi oleh rumah tangga permintaan cabai juga tinggi di tingkat hotel, kafe dan restoran hingga UMKM.

Sehingga untuk antisipasi agar tidak bergantung pada daerah penghasil yang bisa saja juga terkena kendala ketika panen saat musim hujan, maka kebutuhan cabai di dalam kota bisa ditangani oleh hasil gerakan tanam cabai ini.

============================================================
============================================================
============================================================