Komitmen Jaga Lingkungan, PT Aspex Kumbong Gunakan Sistem Pemantau Kualitas Air Limbah

Seorang karyawan Aspex Kumbong tengah mengawasi operasional instalasi freshwater treatment di area perusahaan.

BOGOR-TODAY.COM – PT Aspex Kumbong merupakan salah satu pionir di Jawa Barat dalam menggunakan sistem pemantauan kualitas air limbah secara kontinyu dan berjejaring yang dikenal dengan nama SPARING.

SPARING adalah sistem yang secara otomatis dan terus menerus memantau, mencatat, dan melaporkan kegiatan pengukuran parameter air limbah pada suatu jaringan.

SPARING senantiasa diawasi langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Seluruh pencatatan akan langsung terkirim ke KLHK sehingga pengelolaan air limbah dapat diawasi dengan baik dan optimal.

Pemasangan sistem SPARING merupakan mandat dari pemerintah melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.93/MENLHK/SETJEN/KUM.1/2018 Tentang Pemantauan Kualitas Air Limbah Secara Terus Menerus Dan Dalam Jaringan Bagi Usaha Dan/Atau Kegiatan.

BACA JUGA :  Menu Makan Siang dengan Ayam Goreng Madu yang Praktis dan Lezat

“Fungsi SPARING adalah sebagai online monitoring. Jadi setiap saat kualitas air yang ada di IPAL atau WWTP yang akan dibuang itu dimonitoring, ada sensornya yang akan running terus. Jadi setiap detik akan terbaca baik itu parameternya COD, TSS dan PH serta Debit yang akan terbaca oleh KLHK dan kami juga akan melaporkan kalau ada ketidaksesuaian, kami secara aktif akan mengupdate ke KLHK,” jelas Dedi Rusli, dari Divisi WWTP PT Aspex Kumbong belum lama ini.

BACA JUGA :  Menu Simple dengan Tumis Pakcoy Wijen yang Sedap Bikin Ketagihan

Dedi menjelaskan, di Aspex Kumbong, alat pemantauan ini dipasang di titik output Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) atau Wastewater Treatment Plant (WWTP/WWT) sebagai bentuk tanggung jawab PT Aspex Kumbong dalam pelaporan kelayakan baku mutu air limbah seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2014.

Pada instalasi pengolahan Pengolahan Air Limbah (IPAL) atau Wastewater Treatment Plant
(WWTP/WWT), air pascaproduksi terlebih dulu harus melalui proses equalisasi yang
fungsinya untuk menstabilkan laju alir sebelum masuk ke tahap pengolahan selanjutnya.

============================================================
============================================================
============================================================