Tingkatkan Literasi Digital di Bogor, Aptiknas Fokus Pengembangan Kecerdasan Buatan AI

Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas) Bogor.

BOGOR-TODAY.COM – Hari Transformasi Digital diselenggarakan oleh Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas) DPD Bogor, sebagai bagian dari kolaborasi untuk meningkatkan literasi digital di masyarakat dan meningkatkan pemahaman tentang teknologi digital.

Ketua Aptiknas, Soegiharto Santoso, mengatakan bahwa Hari Transformasi Digital merupakan kelanjutan dari upaya kolaboratif untuk meningkatkan literasi digital. Kolaborasi ini didukung oleh Microsoft Indonesia dan SiSTECH Kharisma, yang memiliki pengalaman luas di bidang teknologi.

“Ini adalah kesinambungan kerjasama untuk literasi digital. Tentu kita didukung juga oleh microsoft Indonesia, oleh SiSTECH Kharisma yang memang mempunyai pengalaman yang luar biasa,” ucap Soegiharto, Kamis (22/2/2024) di IPB International Convention Center (IICC), Botani Square, Kota Bogor.

Soegiharto Santoso yang biasa disapa Hoky ini menekankan pentingnya media dalam memberikan informasi kepada masyarakat mengenai perkembangan teknologi.

“Tentu dengan adanya media bisa memberikan informasi kepada masyarakat supaya mengetahui,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Aptiknas DPD Bogor, Azka Bazil Danish Rahmat, menjelaskan bahwa acara acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan rutin yang selalu digelar oleh Aptiknas.

BACA JUGA :  Pencuri Sepeda Motor di Bogor Kepergok Warga, Pelaku Bawa Pistol Mainan

Selain itu, acara ini menghadirkan berbagai narasumber dari berbagai instansi seperti pemerintah, rumah sakit, pendidikan, dan koperasi.

Fokus utama dari kegiatan ini adalah kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), yang diharapkan dapat membantu masyarakat Bogor untuk memahami dan memanfaatkan perkembangan teknologi terkini.

“Kami mengangkat sharing dan pendampingan teknologi informasi dan komunikasi. Hari ini yang kita angkat bagian dari Aptiknas yaitu AI,” jelas Azka.

Dalam acara ini, lanjut Azka dihadiri dari berbagai sektor, termasuk instansi pemerintah, rumah sakit, pendidikan, dan koperasi.

Dalam kegiatan ini, mereka diberikan pemahaman tentang pentingnya kepemahaman teknologi dalam era digital, serta pentingnya mengikuti perkembangan teknologi tanpa takut tertinggal.

“Tentunya Pemkot harus melek kesitu, jadi gak usah ketakutan bahwa tren teknologi yang bagus, perkembangan teknologi yang baru kita harus mengikuti, jangan sampai pradigmanya negatif,” jelasnya.

Partner Technology Strategist Microsoft, Amelia Alamasyah, mengaku senang dapat berkolaborasi dengan Aptiknas dalam upaya mendorong literasi digital.

BACA JUGA :  Santri di Bogor Lapor Polisi Usai jadi Korban Penganiayaan Seniornya, Sempat Dilempar Botol Beling

“Kita akan mencoba memberikan teknologi teknologi terkini untuk menunjang kapabilitas dsri sisi keamanan data dan pendidikan, ” katanya.

Untuk itu, Microsoft berkomitmen untuk memberikan teknologi terkini guna mendukung keamanan data dan pendidikan di Indonesia.

“Saya senang banget bisa sharing dengan cyber sekurity, karena data itu penting dan bagaimana cara kita menjaganya itu adalah kebijakan dari masing masing instansi dan prosedur itu juga harus kita sampaikan bagaimana cara melindungi data itu sesuai undang undang yang sudah ada.

Selain itu, General Manager Produk SiSTECH Kharisma, Bobby Gouw, memaparkan bagaimana teknologi dapat membantu efisiensi kerja dan memberikan edukasi kepada sekolah-sekolah untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan teknologi di masa depan.

“Kita akan melakukan roadshow untuk membentuk partner di seluruh Indonesia bagaimana teknologi bisa membantu efisiensi dari sisi pekerjaan dan juga mengedukasi sekolah sekolah agar mahasiswa mahasiswanya siap untuk terjun di masyarakat,” pungkasnya.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================