Sakit Tenggorokan? Obati dengan 5 Makanan Enak Ini

Ilustrasi sakit tenggorokan

BOGOR-TODAY.COMMakanan kaya akan antioksida ternyata dapat meredakan sakit tenggorokan yang menggangu dan membuat tak nyaman. Mulai dari madu hingga sup ayam.

Perlu kamu ketahui juga, jika sakit tenggorokan dapat disebabkan karena beberapa faktor. Mulai dari pola makan, keadaan cuaca hingga infeksi oleh bakteri.

Tenggorokan akan terasa sakit ketika menelan makanan dan minuman. Namun, ada beberapa makanan enak yang bisa kamu konsumsi untuk mengobati sakit tenggorokan. Berikut di bawah ini.

Obat alami dengan makanan enak untuk redakan sakit tenggorokan

  1. Teh Chamomile
Teh Chamomile

Teh chamomile bagus untuk meredakan sakit tenggorokan. Teh ini dikemas dengan senyawa penting, khususnya terpenoid dan flavonoid yang berperan sebagai antioksidan.

Zat antioksidan tersebut sangat bagus untuk meredakan sakit tenggorokan dan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi saat sakit tenggorokan.

Selain itu, teh chamomile juga memiliki sifat antispasmodik yang mungkin efektif membantu mengurangi batuk yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

  1. Jahe
Jahe

Tanaman rimpang jahe telah digunakan selama berabad-abad untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Jahe memiliki sifat antimikroba yang dapat melawan infeksi.

BACA JUGA :  Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah Hadiri Reform Knowledge Sharing

Gingerol, komponen fitokimia aktif dalam jahe berperan meredakan peradangan akut sehingga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Kamu dapat mengonsumsinya dengan mengolah jahe menjadi teh atau memasukkan jahe ke dalam menu makanan harian.

  1. Sup Ayam
Sup Ayam

Efektivitas sup ayam dalam menyembuhkan radang tenggorokan telah diakui peneliti. Sup ayam biasanya dibuat dengan cara merebus berbagai sayuran dan kaldu ayam selama beberapa jam.

Sayuran yang digunakan seperti wortel, seledri, dan daun bawang mengandung mineral penting yang dapat meredakan peradangan. Selain itu, sup ayam juga memiliki sifat anti inflamasi.

Hal tersebut telah dibuktikan oleh sebuah studi dari Universitas Nebraska. Sup ayam dikonsumsi saat hangat akan meredakan sakit tenggorokan dan meringankan flu.

  1. Madu
Madu

Menurut ahli gizi Dana Angelo White, madu merupakan obat terbaik untuk sakit tenggorokan. Sebuah studi tahun 2017 telah membuktikan hal tersebut.

Para peneliti telah meneliti efek madu kepada 200 orang yang menderita sakit tenggorokan. Kelompok pertama diberi madu, sedangkan kelompok kedua tidak.

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Thailand Open 2024, 14 - 19 Mei 2024

Studi tersebut menemukan bahwa tanda dan gejala sakit tenggorokan lebih cepat reda pada kelompok yang diberi madu. Madu memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan anti inflamasi.

Dengan sifat tersebut, madu mampu mengatasi sakit tenggorokan. Angelo merekomendasikan untuk mengonsumsi satu sendok madu langsung, atau dilarutkan ke dalam teh hangat.

  1. Telur Orak-arik
Telur Orak-arik

Saat sakit tenggorokan, pilihlah makanan yang mudah ditelan, sehingga tidak mengiritasi. Telur orak-arik bisa jadi pilihan karena teksturnya yang lembut.

Selain itu, telur orak-arik juga dikemas dengan nutrisi penting. Telur kaya akan protein dan vitamin D yang mampu mendukung kekebalan tubuh.

Protein juga berperan menangani peradangan dan rasa sakit tenggorokan. Tak hanya itu, telur juga ada kandungan vitamin B, serta yodium, selenium dan kolin.

Itu dia tadi lima makanan yang kaya akan antioksida, yang bisa membantu meredakan sakit tenggorokan yang mengganggu.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================