Sering Sakit Kepala Bagian Atas? Ini Dia 12 Penyebab dan Cara Menanganinya

Ilustrasi sakit kepala

BOGOR-TODAY.COM – Banyak orang yang sering mengalami sakit kepala bagian atas yaitu meliputi bagian dahi dan pelipis.Rasa sakit kepala tersebut bervariasi, mulai dari sakit ringan hingga berat.

Sakit kepala ringan mungkin akan hilang dengan sendirinya. Namun jika tidak segera sembuh, mungkin menandakan sesuatu yang lebih serius.

Nah, maka dari itu artikel ini akan memberitahu 12 penyebab mengapa kamu sakit kepala bagian atas, lengkap dengan cara menanganinya.

Penyebab Sakit Kepala Bagian Atas

  1. Migrain

Migrain adalah sakit kepala yang terjadi pada satu sisi kepala, misalnya kanan atau kiri. Namun gejalanya bisa menjalar seperti ke kepala bagian atas hingga ke belakang leher. Gejala lainnya berupa mual dan sensitivitas ekstrem terhadap cahaya atau suara.

Faktor genetik mungkin berperan terhadap migrain. Tapi secara spesifik, pemicunya antara lain:

  • Stres
  • Perubahan cuaca
  • Masalah tidur
  • Perubahan hormon
  1. Kurang Tidur

Gangguan tidur, seperti sleep apnea, dapat menyebabkan orang bangun tidur dengan rasa sakit kepala.

Sakit kepala tipe tegang dapat terjadi karena tubuh melepaskan lebih sedikit bahan kimia yang dikenal sebagai orexin akibat kurang tidur. Orexin berperan dalam fungsi sistem saraf, tidur, dan gairah.

  1. Sakit Kepala Tegang
BACA JUGA :  Kecelakaan 2 Motor di Mojokerto Adu Kambing, Kedua Pengendara Tewas

Sakit kepala tipe tegang atau tension headache adalah jenis sakit kepala yang paling umum dialami. Disebut tegang karena terjadi akibat kontraksi otot. Penyebab lain yang mungkin berperan adalah kekurangan vitamin dan faktor genetik.

Gejala sakit sakit kepala tegang mungkin terasa seolah-olah kepala diremas atau diberi beban pada suatu area, seperti kepala bagian atas. Penderita juga mungkin merasakan nyeri di leher atau bahu.

Sakit kepala ini tidak terasa berdenyut-denyut. Meski demikian, sakit kepala ini biasanya tidak parah. Sakitnya dapat berlangsung selama 30 menit hingga seminggu, tetapi durasi rata-rata adalah 4-6 jam.

  1. Sakit Kepala Kronis

Ada beberapa jenis sakit kepala kronis atau sakit kepala yang menetap, termasuk sakit kepala tipe tegang dan migrain.

Seseorang disebut mengalami sakit kepala kronis jika setidaknya mengalaminya selama 15 hari dalam sebulan selama 3 bulan atau lebih.

Gejalanya bergantung pada jenis sakit kepala, tetapi beberapa dapat menyebabkan sakit di dekat kepala bagian atas.

  1. Pembekuan Otak

Paparan suhu dingin dapat menyebabkan sakit kepala, atau yang disebut ‘brain freeze’, dengan rasa sakit di bagian depan kepala hingga kepala bagian atas.

Ini bisa terjadi ketika makan makanan sangat dingin dalam jumlah besar atau mengkonsumsi minuman sangat dingin.

BACA JUGA :  Sah jadi WNI, Maarten Paes Target Main di Piala Dunia 2026

Ketika seseorang makan sesuatu yang dingin, rasa sakit yang tajam dan parah akan terasa di bagian atas kepalanya dan hanya berlangsung beberapa detik. Rasa sakit ini akan hilang setelah suhu dingin di kepala menghilang.

  1. Sinus

Infeksi atau peradangan sinus dapat menyebabkan rasa sakit kepala bagian atas maupun bagian samping. Gejala-gejala tersebut biasanya hilang ketika seseorang mengobati masalah yang mendasarinya.

Dokter dapat merekomendasikan obat untuk membantu mengatasi peradangan. Orang dengan masalah sinus jangka panjang mungkin memerlukan pembedahan.

  1. Sakit Kepala Hipnotis

Sakit kepala hipnotis dapat menyebabkan seseorang terbangun dari tidur, biasanya pada waktu yang sama setiap malam. Rasa sakitnya berlangsung setidaknya 15 menit dan cenderung mempengaruhi orang berusia 50 tahun ke atas.

Kemungkinan penyebabnya adalah manajemen nyeri, tidur REM, atau produksi melatonin.

  1. Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala cluster terjadi secara berkelompok. Sakit kepala ini sering muncul secara tiba-tiba di satu sisi kepala, di belakang mata.

Sakit dirasakan cukup parah dibarengi hidung tersumbat atau hidung meler, dan mata berair. Namun kondisi ini jarang terjadi.

============================================================
============================================================
============================================================