Rumah Wakaf Kekalkan 4 Hekatre Lahan jadi Kebun Produktif

Lahan Wakaf di Kampung Bojong Menteng, Kelurahan Pasirmulya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

BOGOR-TODAY.COM – Warga kampung Bojong Menteng RT 03/RW 02, Kelurahan Pasirmulya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor berkolaborasi dengan Rumah Wakaf membentuk Kampung Wakaf untuk optimalisasi harta wakaf menjadi lahan pertanian dan peternakan.

CEO Rumah Wakaf, Rendi Septiyan Nugraha mengatakan, sebagai salah satu upaya untuk mendayagunakan aset-aset wakaf, kami menginisiasi konsep Kampung Wakaf yang merupakan upaya optimalisasi harta wakaf yang memiliki potensi untuk dikembangkan secara produktif.

“Lebih khusus, Rumah Wakaf berupaya menyelaraskan pendekatan Kampung Wakaf ini dengan isu ketahanan pangan. Upaya pelaksanaan serta dampak dan kontribusi Kampung Wakaf terhadap ketahanan pangan, insyaa Allah kami upayakan secara bertahap. Dimulai dengan mendukung serta menggalakan partisipasi masyarakat, dengan harapan keberlanjutan program serta dampaknya bisa kami konsistenkan,” ungkap Rendi kepada wartawan, Jumat (8/3/2024).

BACA JUGA :  ASB Dukung MTQ Kota Bogor di Pentas Nasional, DPRD Siapkan Anggaran "Kadedeuh"

Rendi menjelaskan, salah satu pendekatan program Kampung Wakaf ini adalah kebun produktif, yang realisasinya dikelola secara langsung oleh Rumah Wakaf dengan menjalin kemitraan bersama dengan para petani lokal.

“Ada banyak inisiatif serta karya nyata masyarakat dan/atau kelompok tani yang perlu kami dukung dengan pendekatan Kampung Wakaf ini. Hal ini di antaranya adalah aktivitas Kelompok Wanita Tani (KWT) Sekar Mulya, yang ada di Kampung Bojong Menteng, Kelurahan Pasir Mulya, Kecamatan Bogor Barat ini,” jelas Rendi.

BACA JUGA :  DPRD Kota Bogor Sampaikan Hasil Pengawasan Pembangunan dan Penjaringan Aspirasi Masyarakat

Menurut Rendi, partisipasi aktif masyarakat dalam mendayagunakan lahan wakaf yang diamanahkan kepada Rumah Wakaf dengan luas sekitar 4 hektare di Kampung Bojong Menteng ini, sangat menggembirakan. Pihaknya berharap bisa senantiasa memberikan dukungan terbaik dengan berbagai inisiatif dan pengembangan program yang berdampak.

============================================================
============================================================
============================================================