Simak Ini! Rahasia Agar Anak Kuat Puasa Seharian di Bulan Ramadan

Rahasia Agar Anak Kuat Puasa

BOGOR-TODAY.COM – Si Kecil sudah mulai belajar ikut puasa pada Bulan Ramadhan ini. Sebab salah satu hal penting yang harus dibina sejak dini pada anak dari orang tua muslim adalah dengan ikut berpuasa.

Peran orang tua memang penting untuk mengajarkan anak puasa sejak kecil agar mereka dapat terbiasa menjalankan kewajibannya sebagai muslim saat dewasa kelak.

Nah, maka dari itu artikel ini akan membagikan tips atau rahasia agar anak kuat puasa seharian tanpa lemas yang berlebihan, simak ini.

  1. Penuhi Nutrisi Anak

Ini merupakan salah satu poin utama agar anak bisa kuat berpuasa. Pastikan anak tetap mendapatkan asupan nutrisi dengan gizi seimbang selama berpuasa. Sebelum puasa, anak harus ikut sahur terlebih dulu agar dia tetap memiliki energi selama berpuasa di siang hari.

Berikan makanan yang mengandung sumber karbohidrat kompleks, protein, serat, vitamin dan juga mineral. Perlu diketahui, selain memang tidak ada asupan makanan dan minuman, tubuh anak juga rentan kekurangan mineral selama berpuasa, akibatnya badannya menjadi lemas.

BACA JUGA :  Kevin Sanjaya Resmi Putuskan Pensiun Sebagai Atlet Bulu Tangkis

Inilah yang seringkali menjadi penghambat ketika berpuasa. Oleh karenanya, selain melengkapi kebutuhan mineralnya dengan sayur dan buah-buahan, jangan lupa memberikan air yang mengandung mineral esensial berkualitas.

Dengan kualitas dan kandungan mineral di labelnya, Le Minerale menjadi air mineral yang cocok untuk menemani si Kecil kuat berpuasa sampai berbuka. Le Minerale mengandung mineral esensial seperti zat besi, magnesium, kalium, dan lainnya yang sifatnya cair sehingga bisa lebih mudah diserap oleh tubuh. Nah, kandungan mineral inilah yang bisa di lihat pada label kemasannya.

Selain itu, jaminan kandungan mineral tersebut juga dapat dibedakan dari rasa yang lebih segarnya. Karena mineral ini bisa membuat rasa air mineral menjadi lebih segar, enteng dan tidak bikin eneg. Bukan cuma itu, Le Minerale juga dikemas dengan teknologi Mineral Protection System. Artinya, setiap tahapan produksi dilakukan tanpa sentuhan tangan dari manusia, sehingga kualitasnya benar-benar terjamin dan aman hingga ke tangan konsumen

  1. Minimalkan Paparan Terik Matahari

Saat terpapar terik matahari, tubuh cenderung cepat kehilangan cairan dan energi sehingga akan mudah lelah. Maka itu, saat puasa sebaiknya si Kecil tidak sering-sering berkegiatan di luar dan terpapar sinar matahari langsung terlebih saat siang.

  1. Tetap Berkegiatan, tapi Batasi Aktivitas Fisik Berlebihan
BACA JUGA :  Kendaraan Dinas Terlibat Kecelakaan Beruntun di Ciampea Bogor, Hampir Adu Banteng

Selama berpuasa, anak-anak juga harus tetap berkegiatan. Namun, usahakan untuk membatasi aktivitas fisik terlalu berat yang membuat anak cepat kehilangan energi seperti lari-larian atau loncat-loncatan. Ajak anak melakukan kegiatan yang tidak memerlukan banyak energi seperti menggambar, membaca dongeng, atau belajar mengaji. Serta pastikan anak dapat istirahat dengan cukup.

  1. Jangan Dipaksakan

Puasa seharian penuh tentunya bukan sesuatu yang mudah. Jadi, apabila anak belum bisa berpuasa seharian penuh atau sampai magrib, maka jangan dipaksakan. Terlebih apabila anak baru pertama kali belajar berpuasa.

Cobalah ajarkan si Kecil berpuasa secara berangsur. Misalnya, pada minggu pertama dia puasa sampai waktu zuhur, minggu berikutnya meningkat sampai asar, kemudian berikutnya full sampai magrib tiba.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================