Wajib Simak Ini! Saat Puasa Ada 6 Anjuran Olahraga yang Baik Sesuai Jenisnya

Ilustrasi Olahraga

BOGOR-TODAY.COM – Banyak orang memilih mengurangi aktivitas fisik seperti berolahraga ketika puasa, dengan alasan agar terhindar dari kelelahan fisik. Namun, kini tak bisa jadi alasan lagi untuk tidak berolahraga, lantaran artikel ini akan member tahu jenis olahraga yang bagus saat berpuasa.

Meskipun banyak orang yang menghindari olahraga saat puasa karena dianggap menguras energi, sebenarnya berolahraga saat puasa juga sama bermanfaatnya dengan berolahraga seperti hari biasanya. Tingkat risiko cedera yang dihasilkan juga relatif sama.

dr Yohanes Toban Layuk Allo, SpOT(K) mengungkapkan, bahwa olahraga saat puasa atau tidak puasa sebenarnya sama saja, yang membedakan nggak ada asupan air minum, nah kalau dehidrasi otot akan lebih gampang mengalami spasme atau ketegangan otot.

Berikut beberapa tips olahraga saat puasa supaya terhindar dari risiko cedera menurut dr Toban.

  1. Kenali Tubuh Sendiri

Tips terpenting apabila ingin tetap berolahraga ketika sedang puasa yaitu kenali diri sendiri. Kebutuhan setiap orang berbeda, begitupun kemampuan. Atlet profesional seperti contohnya pemain Liverpool, Mohamed Salah tetap dapat bermain sepak bola bahkan saat puasa. Hanya saja untuk beberapa orang yang tidak dikategorikan sebagai atlet terlatih, memiliki risiko lebih tinggi mengalami cedera.

  1. Pilih Jenis Olahraga dengan Bijak
BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Sabtu 18 Mei 2024

Jenis olahraga apapun tetap dapat dilakukan. Hanya saja harus memperhatikan kemampuan diri sendiri. Seperti contoh, terbiasa melakukan marathon tapi sedang puasa, boleh marathon 10 kilometer saja. Terbiasa angkat beban 20 kilogram, boleh dikurangi jadi 5 kilogram. Kenali batasan dan kemampuan fisik sangat penting dalam menentukan jenis olahraga yang ingin dilakukan.

  1. Pilih Waktu yang Tepat

Olahraga pada siang hari ketika puasa sangat tidak disarankan, selain dapat membuat fisik lebih lelah juga dapat membuat tubuh lebih cepat haus dan lapar karena kehilangan energi. Pilihlah waktu yang tepat sesuai dengan kemampuan diri sendiri. Usahakan olahraga satu jam menjelang berbuka atau setelah berbuka.

  1. Cukup Tidur
BACA JUGA :  126 Atlet Kota Bogor Siap Berlaga di POPWIL I Jabar

Selain memilih waktu yang tepat, waktu tidur yang cukup juga menjadi salah satu pertimbangan penting apabila ingin berolahraga ketika puasa. Menurut dr Toban, kurang tidur dapat membuat otot tidak baik, sehingga berpengaruh pada konsentrasi dan dapat menyebabkan cedera.

  1. Jaga Nutrisi yang Seimbang

Nutrisi bagi tubuh juga perlu diperhatikan saat puasa. Jangan banyak mengonsumsi makanan dari tepung dan makanan tinggi kalori baik saat sahur maupun berbuka, karena hal tersebut dapat memengaruhi hidrasi tubuh dan kebugaran fisik. Pilihlah menu makan yang tepat saat sahur dan berbuka.

  1. Atur Frekuensi, Durasi, dan Intensitas

Tips keempat yaitu atur frekuensi, durasi, dan intensitas olahraga. Jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga seperti pada hari biasa yang dapat menyebabkan kelelahan fisik.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================