Redakan Batuk Akut dengan 7 Minuman Hangat Ini, Dijamin Ampuh

Ilustrasi Batuk

BOGOR-TODAY.COM – Batuk merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan benda asing di saluran napas. Batuk memang sangat mengganggu aktifitas lantaran tenggorokan akan terasa gatal dan sakit. Namun, kamu bisa mengatasi semua itu dengan minuman hangat yang ampuh.

Jika batuk berlangsung kurang dari tiga minggu, maka termasuk batuk akut. Namun saat batuk berlangsung lebih dari 8 minggu, ini sudah termasuk batuk kronis.

Batuk akut disebabkan selesma, flu, menghirup polutan, dan pneumonia. Sementara batuk kronis bisa disebabkan alergi, asma, bronkitis, dan GERD.

Sebelum menelan obat pereda batuk, coba racik oabat batuk alami yang ada di dapur. Minuman hangat ini direkomendasikan untuk meredakan batuk dan membuat tubuh lebih nyaman. Jika sedang berpuasa bisa diminum saat sahur dan buka puasa.

  1. Wedang jahe
BACA JUGA :  Sirkuit Rumpin Bakal jadi Semi Mandalika, Rampung Tahun 2025

Wedang jahe begitu populer apalagi di musim hujan seperti sekarang. Efek hangatnya mampu meredakan batuk, asma, dan mual.

Studi pada 2015 menemukan jahe mengandung komponen antiinflamasi dan antioksidan yang bisa membantu meredakan tenggorokan dan saluran napas yang teriritasi karena batuk.

  1. Teh hijau

Teh hijau kerap hanya diperlakukan sebagai minuman biasa atau minuman diet. Padahal teh hijau termasuk minuman hangat yang dianjurkan untuk penderita batuk.

Sebuah studi mengamati kumur dengan teh hijau setelah prosedur pembedahan yang memerlukan intubasi. Peneliti menemukan meski teh hijau tidak membantu mengatasi suara serak, tapi teh hijau bisa mengurangi batuk.

BACA JUGA :  Agar Rambut Sehat, Konsumsi Racikan Minuman Detoks Ini Secara Rutin

Minuman hangat lain yang ampuh redakan batuk bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

  1. Teh Peppermint

Peppermint merupakan tumbuhan keluarga mint. Sejak lama, peppermint digunakan untuk mengatasi selesma, masalah pencernaan dan sakit kepala.

Beberapa riset membuktikan peppermint punya komponen antimikroba, antioksidan dan pereda nyeri. Jika kamu mengamlami demam flu, teh ini bisa membantu melegakan sinus dan membuat lebih mudah bernapas.

  1. Lemon dan madu

Madu dapat membantu meredakan batuk juga gejala selesma lain seperti deman dan radang tenggorokan.

============================================================
============================================================
============================================================