Ternyata Walupun Pahit 5 Makanan Ini Punya Banyak Khasiat Lho, Simak Ini

makanan pahit

BOGOR-TODAY.COM – Kebanyakan orang sering mengacuhkan makanan pahit lantaran tidak enak. Namun ternyata, dibalik pahitnya makanan itu memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan lho.

Rasa pahit yang terbentuk secara alami membuat beberapa makanan dihindari oleh konsumen karena dianggap tak enak. Secara alami makanan seperti sayur-sayuran memiliki karakter rasa pahit bawaan.

Namun, makanan pahit juga bisa ditutupi rasa pahitnya dengan beberapa cara yang bisa dilakukan. Mencuci dengan garam, menyampurkannya dengan bahan lain, atau bahkan memasaknya dengan cara tertentu.

Nah kamu perlu simak lima makanan pahit yang ternyata memili banyak khasiat di baliknya.

  1. Pare
Pare

Pare menjadi sayuran pahit yang cukup populer di Indonesia. Pare dapat diolah menjadi berbagai kudapan baik pelengkap pada beberapa hidangan makanan khas Indonesia.

BACA JUGA :  Ketua PWI Kabupaten Bogor Menyeru Siswa SMPN 1 Bojonggede: Bijak dalam Bermedsos

Misalnya pelengkap pada siomay atau dimasak sendiri sebagai tumisan yang ditambahkan bumbu. Pare memang terkenal dengan rasa pahitnya tetapi ada tips yang menyarankan untuk mencuci pare dengan garam agar pahitnya berkurang.

Pare memiliki komponen antibakteri dan juga antioksidan yang terbentuk secara alami. Konsumsi pare secara rutin dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dengan cara meningkatkan sensitivitas insulin.

  1. Kale
Kale

Sayuran kale yang bentuknya mirip selada ini punya banyak khasiat dari kandungan nutrisi alami di dalamnya. Bedanya dengan selada, kale memiliki daun yang lebih tebal dan hijau pekat warnanya tak seperti selada yang banyak dijumpai.

BACA JUGA :  Cek Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Senin 22 April 2024

Kale memiliki rasa segar yang cocok jika disantap sebagai salad maupun hidangan dalam bentuk yang lain. Di dalam kale terkandung vitamin A, C, dan K yang berperan sebagai antioksidan.

Kale juga memiliki kadar serat yang tinggi layaknya sayuran hijau lain. Warna hijau pekatnya berasal dari kandungan glukosinolat yang dapat mencegah kanker dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

  1. Daun Brokoli
Daun Brokoli

Selain bagian brokoli yang keriting-keriting, ternyata daun brokoli juga bisa dikonsumsi. Daun brokoli terletak pada sela-sela batang brokoli yang biasanya dibuang begitu saja dan tidak dikonsumsi.

============================================================
============================================================
============================================================