Bantu Hentikan Kebiasaan Merokok dengan Konsumsi 5 Makanan Ini!

iStock

BOGOR-TODAY.COM – Salah satu kebiasaan yang tidak baik, namun banyak yang melakukannya, yaitu merokok. Keluar dari kebiasaan buruk memanglah tidak mudah. Maka dari itu, artikel ini akan membagikan solusinya.

Merokok merupakan salah satu aktivitas yang membahayakan kesehatan. Kebiasaan dari menghisap tembakau ini telah merenggut lebih dari 8 juta jiwa setiap tahunnya. Demikian penjelasakn Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Statistik tersebut sebenarnya cukup untuk meyakinkan setiap perokok agar berhenti dari kebiasaan buruk ini. Merokok dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, mulai dari mempengaruhi jantung, hormon, metabolisme, bahkan otak.

BACA JUGA :  Pemkot Buka Penutupan Jalan ke Plaza Jambu Dua, PT GAW Keberatan Dianggap Akses Publik

Beberapa makanan dapat membantu mengurangi keinginan merokok. Sebab, mereka memiliki efek positif terhadap penghentian tembakau dan nikotin.

  1. Buah-buahan dan sayuran
Buah-buahan dan sayuran

Ngemil buah dan sering makan sayuran dapat membantu memuaskan nafsu makan. Makanan ini sekaligus menyediakan vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Sayuran renyah, seperti wortel dan seledri bisa dikonsumsi untuk membantu memuaskan fiksasi mulut yang berhubungan langsung dengan merokok.

Selain itu, buah-buahan juga menawarkan rasa manis alami yang dapat menjadi bahan allternatif untuk memuaskan hasrat merokok.

  1. Teh hijau
BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Minggu 19 Mei 2024
Teh hijau

Minum teh hijau juga bisa membantu mengurangi keinginan merokok. Teh hijau kaya akan antioksidan dan mengandung senyawa yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG).

Senyawa tersebut terbukti mengurangi keinginan akan nikotin dan gejala lepas darinya, seperti keinginan kuat untuk merokok, rasa gelisah, sulit tidur, dan lain-lain.

Minum teh hijau juga bisa membantu mengekang keinginan merokok dan memberikan efek menenangkan. Teh hijau menjadi pilihan terbaik untuk perokok yang mau berhenti.

============================================================
============================================================
============================================================