Apakah Konsumsi Kurma Berlebihan Bisa Memicu Efek Samping? Simak Ini!

Kurma

BOGOR-TODAY.COMKurma memang bagus untuk kesehatan dan bisa mendapat pahala apalagi jika dikonsumi saat buka puasa dan sahur. Namun ternyata, jika dimakan berlebihan bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Nabi Muhammad SAW menganjurkan bahwa ada keutamaan tersendiri ketika berbuka puasa dan sahur dengan makan kurma.

Mengikuti sunnah Rasulullah SAW, makan kurma sebaiknya dalam jumlah ganjil untuk mendapatkan manfaatnya. Namun, tetap perhatikan jumlahnya agar tidak berlebihan.

Nabi Muhammad SAW selalu makan kurma sebanyak 3 butir. Jika dimakan berlebihan kurma dapat menyebabkan efek samping kesehatan yang serius.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Minggu 19 Mei 2024

Penasaran apa saja efek samping jika mengonsumsi kurma berlebihan? Simak di bawah ini!

  1. Menyebabkan hiperkalemia

Makan kurma kebanyakan juga dapat menyebabkan hiperkalemia. Hiperkalemia adalah kondisi di mana kadar kalsium darah terlalu tinggi.

Kondisi tersebut disebabkan oleh kandungan kalium pada kurma. Sebenarnya kalium merupakan mineral penting yang dapat mengontrol detak jantung.

Selain itu juga bagus untuk tekanan darah dan kinerja saraf. Namun, manfaatnya akan berubah menjadi efek samping yang membahayakan jika dimakan berlebihan.

  1. Menaikkan berat badan

Meskipun mengandung serat dalam jumlah tinggi, tetapi kurma tidak dapat mencegah kenaikan berat badan jika dikonsumsi berlebihan.

BACA JUGA :  Ribuan Warga Serukan DOB Bogor Barat di Leuwiliang, Dihadiri Pj Bupati dan Jaro Ade

Mengingat kurma memiliki kepadatan energi yang tinggi. Buah yang identik dengan bulan ramadan ini dikemas dengan kalori, karbohidrat, dan serat yang tinggi.

Karenanya, jika makan kurma kebanyakan akan menambah energi secara instan bahkan bisa menaikkan berat badan.

  1. Menyebabkan ruam kulit

Kurma mengandung pengawet yang disebut sulfit. Sulfit merupakan senyawa kimia yang diberikan untuk mengawetkan dan menghilangkan bakteri pada buah.

============================================================
============================================================
============================================================