Agar Tak Mudah Sakit saat Puasa, 5 Minuman Ini Bisa Tambah Imunitas

Makanan penambah imunitas

BOGOR-TODAY.COM – Agar tak mudah sakit saat puasa, penting menjaga imunitas tubuh salah satu caranya melalui konsumsi 5 minuman penambah imunitas yang alami dan rasanya enak berikut ini.

Perubahan cuaca yang kerap ekstrem ini penting memastikan tubuh punya sistem imun yang kuat. Dengan begitu, kamu tak akan mudah jatuh sakit.

Sistem imun tubuh adalah sistem pertahanan alami tubuh yang terdiri dari sel, jaringan, dan organ yang membantu melindungi tubuh dari bakteri, virus, jamur, dan zat berbahaya lainnya.

Sistem imun tubuh menjadi penghalang untuk mencegah penyakit memasuki tubuh dan memiliki sistem sel yang rumit untuk melawan patogen jika menemukan cara untuk memasuki tubuh.

Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan pola hidup sehat untuk menjaga imunitas tubuh disaat bulan puasa dan saat cuaca ekstrem ini.

BACA JUGA :  Ini Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Minggu 21 April 2024

5 Minuman Penambah Imunitas

  1. Air putih
Air putih

Kebutuhan air putih harian penting dicukupi, sekalipun saat puasa. Usahakan minum air putih yang cukup saat buka puasa hingga jelang sahur. Hal ini karena tubuh kita mengandung sekitar 60-70% air.

Dengan membuat tubuh terhidrasi, maka pertumbuhan bakteri dan virus bisa terelakkan. Selain itu, air merupakan komponen penting dari cairan limfatik, yang menghasilkan sel darah putih yang membantu melawan infeksi.

Konsumsi air putih pun amat disarankan pakar kesehatan saat pandemi Covid-19 merajalela beberapa tahun lalu. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medical Hypotheses melaporkan bahwa individu yang tercatat mengalami dehidrasi sebelum tertular COVID 19 memiliki peningkatan risiko kematian akibat COVID-19.

  1. Jus jeruk 100% alami
BACA JUGA :  Wajib Tahu! Cara Melancarkan BAB Secara Alami, Bisa Cegah Sembelit Juga
Jus jeruk

Jus jeruk bisa jadi pilihan untuk menambah imunitas, tapi pilih yang terbuat dari 100% jeruk alami. Jangan pilih jus jeruk kemasan karena khawatir ditambahkan banyak gula dan bahan tambahan lain.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Immunology, vitamin C dan folat dalam jus jeruk menjaga integritas pertahanan kekebalan dan melindungi banyak jenis sel kekebalan tubuh, termasuk sel pembunuh alami dan sel T. Terlebih lagi, senyawa bioaktif pada jeruk memiliki efek anti inflamasi untuk mendukung kekebalan tubuh.

============================================================
============================================================
============================================================