Agar Tak Mudah Sakit saat Puasa, 5 Minuman Ini Bisa Tambah Imunitas

Makanan penambah imunitas

BOGOR-TODAY.COM – Agar tak mudah sakit saat puasa, penting menjaga imunitas tubuh salah satu caranya melalui konsumsi 5 minuman penambah imunitas yang alami dan rasanya enak berikut ini.

Perubahan cuaca yang kerap ekstrem ini penting memastikan tubuh punya sistem imun yang kuat. Dengan begitu, kamu tak akan mudah jatuh sakit.

Sistem imun tubuh adalah sistem pertahanan alami tubuh yang terdiri dari sel, jaringan, dan organ yang membantu melindungi tubuh dari bakteri, virus, jamur, dan zat berbahaya lainnya.

Sistem imun tubuh menjadi penghalang untuk mencegah penyakit memasuki tubuh dan memiliki sistem sel yang rumit untuk melawan patogen jika menemukan cara untuk memasuki tubuh.

Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan pola hidup sehat untuk menjaga imunitas tubuh disaat bulan puasa dan saat cuaca ekstrem ini.

5 Minuman Penambah Imunitas

  1. Air putih
Air putih

Kebutuhan air putih harian penting dicukupi, sekalipun saat puasa. Usahakan minum air putih yang cukup saat buka puasa hingga jelang sahur. Hal ini karena tubuh kita mengandung sekitar 60-70% air.

Dengan membuat tubuh terhidrasi, maka pertumbuhan bakteri dan virus bisa terelakkan. Selain itu, air merupakan komponen penting dari cairan limfatik, yang menghasilkan sel darah putih yang membantu melawan infeksi.

Konsumsi air putih pun amat disarankan pakar kesehatan saat pandemi Covid-19 merajalela beberapa tahun lalu. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medical Hypotheses melaporkan bahwa individu yang tercatat mengalami dehidrasi sebelum tertular COVID 19 memiliki peningkatan risiko kematian akibat COVID-19.

  1. Jus jeruk 100% alami
BACA JUGA :  HALAL BIHALAL HANYA ADA DI INDONESIA DAN BANYAK MANFAATNYA
Jus jeruk

Jus jeruk bisa jadi pilihan untuk menambah imunitas, tapi pilih yang terbuat dari 100% jeruk alami. Jangan pilih jus jeruk kemasan karena khawatir ditambahkan banyak gula dan bahan tambahan lain.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Immunology, vitamin C dan folat dalam jus jeruk menjaga integritas pertahanan kekebalan dan melindungi banyak jenis sel kekebalan tubuh, termasuk sel pembunuh alami dan sel T. Terlebih lagi, senyawa bioaktif pada jeruk memiliki efek anti inflamasi untuk mendukung kekebalan tubuh.

Selain itu, jus jeruk juga mengandung vitamin A. Ada juga produk di pasaran yang diperkaya dengan vitamin D, nutrisi yang telah lama dikenal penting untuk kesehatan kekebalan tubuh.

  1. Teh jahe lemon
Teh jahe lemon

Kabar baik untuk pencinta teh jahe karena minuman favoritnya juga bermanfaat menambah imunitas tubuh. Tambahkan lemon agar rasanya lebih nikmat dan nutrisinya lebih lengkap.

Cara buatnya mudah, tinggal rebus parutan jahe dan air perasan lemon bersama air hingga mendidih. Bisa juga tambahkan sereh atau kulit lemon agar lebih nendang rasanya.

Teh jahe lemon kaya vitamin C, antioksidan yang terkenal hebat melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Vitamin C juga memberikan sifat anti-inflamasi dan membantu menolak respons imun negatif, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Antioksidan.

BACA JUGA :  Tambah Imunitas Tubuh dengan 8 Makanan dan Minuman Ini

Sementara jahe mengandung lebih dari 100 senyawa bioaktif yang membantu mengurangi mual, mencegah risiko kanker tertentu, meningkatkan lipid darah, mengurangi peradangan dan banyak lagi, seperti diungkap dalam jurnal Nutrients.

  1. Jus tomat
Jus tomat

Pencinta buah juga bisa membuat jus tomat sebagai minuman penambah imunitas. Jus tomat kaya akan vitamin C serta likopen, antioksidan karotenoid yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan dikenal membantu meredakan peradangan sistemik.

Jus tomat yang menyegarkan akan memberikan asupan vitamin C yang sama dengan sup tomat. Untuk menjaga kadar natrium tetap terkendali, carilah jus tomat rendah sodium. Hindari juga yang ditambahkan banyak gula.

  1. Teh hijau
Teh hijau

Teh hijau adalah cara alami dan menyenangkan untuk menambah imunitas tubuh. Teh hijau kaya akan polifenol flavonoid yang bermanfaat untuk kesehatan, mulai dari mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker tertentu, hingga mengatasi peradangan sistemik.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecules, konsumsi teh hijau memperkuat sistem imun tubuh melalui antioksidan yang membantu melindungi sel dari oksidasi dan spesies oksigen reaktif.

Teh hijau dianggap mampu mencegah penyakit dan infeksi melalui kapasitas antioksidannya serta banyak cara lain. Jenis teh ini juga bebas kalori dan jadi minuman sehat favorit banyak orang sejak dulu.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================