Delman di Bantul Terperosok ke Parit 3 Meter, Diduga Kuda Tak Bisa Dikendalikan

Delman Terperosok ke Parit

BOGOR-TODAY.COM – Kecelakaan tunggal melibatkan delman terperosok ke parit sedalam tiga meter di wilayah Embung Potorono, Banguntapan, Bantul, pada Selasa (26/3/2024). Dalam insiden tersebut menyebabkan kusir luka-luka, sedangkan kudanya lecet di bagian kaki.

Insiden tersebut karena kuda yang digunakan untuk menarik delman masih dalam masa latihan. Sehingga kuda tak bisa dikendalikan oleh kusir. Hal itu dikatakan Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana.

“Kejadian tersebut dikarenakan kuda masih belajar menarik delman, kuda masih belo (sulit dikendalikan) dan belum kuat menahan delman di jalan turunan,” ujar Jeffry, Selasa (26/3/2024).

BACA JUGA :  Warga Gunungsindur Bogor Digegerkan dengan Penemuan Seorang Pria Gantung Diri dalam Sebuah Gubug

Dia menjelaskan, kejadian itu berawal pukul 10.00 WIB, pemilik kuda sekaligus kusir, yakni Agus Hari Murti (32) warga Wirokerten, Banguntapan, Bantul bersama temannya yang bertugas sebagai kernet Edi Purnomo (33) warga Potorono, Banguntapan, Bantul sedang melatih kuda menarik delman.

Kuda kemudian dibawa keliling di sekitar Embung Potorono. Kemudian, sesaat sebelum kejadian, kuda melintas di jalan menurun. Hal itu menyebabkan kuda kehilangan kendali karena tidak bisa menurunkan kecepatan larinya.

BACA JUGA :  Berawal Dari Hobi, Pemuda di Pamijahan Sukses Raup Keuntungan Jutaan Rupiah

“Kuda beserta delman kemudian oleng ke kiri hingga terperosok ke parit sedalam kurang lebih tiga meter,” ucapnya.

Edi yang duduk di bangku belakang mengalami luka-luka lecet dan keseleo di kaki. Sementara, Agus terhindar dari luka.

“Kuda selamat, hanya lecet di bagian kaki depan,” katanya.

Evakuasi kuda beserta delman dilakukan oleh warga sekitar dengan cara ditarik beramai-ramai. Kuda yang selamat kemudian digiring kembali ke kadang oleh pemiliknya.(NET*)

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================