SANLAT PENUH PRESTASI

OPINI_HERU
FOTO : IST

Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati & Aktivis Pendidikan)

PESANTREN Kilat (Sanlat) adalah kegiatan keagamaan yang biasa dilakukan di sekolah saat bulan suci ramadhan.

Adapun salah satu tujuan dari adanya pesantren kilat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan agama Islam dan menumbuhkan semangat kebersamaan dikalangan peserta didik.

Biasanya beberapa kegiatan sanlat adalah sebagai berikut, yaitu: sholat berjamaah,  kuliah tujuh menit (kultum), lomba keagamaan, buka bersama (bukber), belajar baca tulis Kitab Suci Al-Quran.

BACA JUGA :  Polisi Amankan Chandrika Chika, Selebgram Cantik Terkena Kasus Penyalahgunaan Narkoba

Berbagi takjil, aneka permainan games,  perkenalan materi dan praktik keagamaan, pentas seni religius, tugas pribadi atau kelompok serta bantuan sosial (bansos) dan lain-lain.

Satuan pendidikan (sekolah), mangga mau pilih kegiatan yang mana terserah, itu tergantung kemampuan, sarana dan prasarana  dan kesiapan tiap sekolah.

Karena tiap sekolah punya budaya dan kemampuan yang berbeda-beda. Lagi pula  di jaman sekarang ini (Era Kurikulum Merdeka) sudah tidak ada  lagi pemaksaan dan penyeragaman dalam Proses Belajar Mengajar (PBM).

BACA JUGA :  JJB Terbitakan Tatib Dan Reshuffle Keanggotaan 

Sebetulnya pesantren kilat ini sudah dilakukan oleh semua Pondok Pesantren (Ponpes), Madrasah Ibtidaiyah (MI), MTs (Madrasah Tsanawiyah), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Islam Terpadu (IT), sekolah keagamaan dan Sekolah Boarding School.

Dengan kata lain sanlat ini sudah menjadi makanan sehari-hari di semua Ponpes dan sekolah berciri agama Islam ini di seluruh Indonesia.

============================================================
============================================================
============================================================