Gertak PSN di SDN Bantarjati 1, Sekda Jelaskan Ciri-ciri Nyamuk Aedes Aegypti

BOGOR-TODAY.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor menggelar Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (Gertak PSN) di tujuh sekolah di Kota Bogor, tak terkecuali di SDN Bantarjati 1, Jalan Ciremai Ujung, Kota Bogor, pada Senin (1/4/2024).

Pada Gertak PSN di SDN Bantarjati 1 ini, hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah yang memberikan arahan secara langsung kepada para siswa.

Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah mengatakan, hari ini dikumpulkan semua karena di Indonesia sedang mewabah kasus DBD termasuk di Kota Bogor. Anak-anak ini perlu diberikan ilmu terkait nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus DBD. Nyamuk ini memiliki ciri-cirinya berwarna hitam dengan bintik di badannya.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 26 April 2024

Sekda menerangkan, nyamuk ini mengigit pada saat udara dingin dan lembab pada pagi dan sore hari. Pada pagi nyamuk ini sudah aktif sekitar pukul 06.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB dan menggigit lagi pada sore hari sekitar pukul 16.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Gertak PSN ini dilakukan supaya anak-anak tidak digigit nyamuk dan tidak terkena DBD, karena dari 1.435 kasus DBD, 606 diantaranya berada di usia 5 sampai 14 tahun.

BACA JUGA :  Pemuda di Bogor Nekat Lawan 3 Perampok Usai Mobilnya Dicuri

“Jadi kalau di sekolah liat ada air menggenang segera dibuang dan kalau ada wadahnya dikasih penutup, karena nyamuk ini bertelur di air bersih,” kata dia.

============================================================
============================================================
============================================================