Bikin Kulit Mulus dan Sehat? Ini Dia 5 Makanan Berwarna Ungu dengan Khasiatnya

Konsumsi anggur dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi UV pada orang dewasa yang sehat. Hal ini juga diungkapkan pada sebuah studi tahun 2021.

Studi ini dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Alabama Departemen Dermatologi Birmingham dengan responden 19 subjek manusia sehat menelan bubuk anggur kering (kismis) dalam kurun waktu 14 hari. Para peneliti menemukan bahwa peningkatan perlindungan alami kulit sebesar 74,8 persen ditunjukkan pada subjek.

  1. Terong Ungu

Terong ungu populer dijadikan masakan. Biasanya digoreng, kemudian dicampurkan sambal balado. Terong ini juga bisa digoreng biasa dengan balutan tepung renyah. Jika mengonsumsi terong ungu, ternyata bisa merasakan manfaat sehat pada kulit.

BACA JUGA :  Diduga Rem Blong, Truk Muatan Batu di Ciampea Bogor Tabrak 3 Mobil

Karena, di dalam terong ungu terdapat solasodine rhamnosyl glikosida (SRGs), sejenis senyawa yang efektif melawan kanker kulit. Terong juga diketahui kaya akan vitamin A dan C, vitamin ini juga berperan sebagai zat antioksidan.

  1. Buah Bit

Buah bit biasanya dijadikan jus dan bermanfaat untuk beragam kesehatan tubuh. Warnanya yang ungu terang ini membuat buah bit juga baik untuk kesehatan kulit.

Penelitian menunjukkan bahwa minum jus bit dapat meningkatkan anti-inflamasi dan aliran darah, yang keduanya penting untuk kesehatan kulit, menurut WebMD. Penelitian lain pada 2021 yang diterbitkan dalam jurnal ‘Food Science and Nutrition’ mencatat bahwa buah bit berkontribusi melindungi sel dari stres oksidatif.

BACA JUGA :  Edgar Rangga Wakili Indonesia di Kejuaraan Dunia Fingerboard 2024

Stres oksidatif ini dapat menghambat kesehatan kulit. Di antaranya menyebabkan peradangan kulit hingga kanker kulit.

  1. Markisa

Markisa juga termasuk buah berwarna ungu pada bagian kulitnya. Buah markisa ini bisa dinikmati langsung maupun dijadikan campuran es yang menyegarkan dahaga.

Buah ini juga mengandung zat antioksidan polifenol khusus bernama piceatannol yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Sebuah studi pada 2013 lalu dalam jurnal ‘Biological and Pharmaceutical Bulletin’ menemukan bahwa piceatannol ini dapat melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================