Wajib Tahu! Ini Dia Khasiat Madu untuk Kesehatan Wanita

Khasiat Madu untuk Kesehatan Wanita

BOGOR-TODAY.COMWanita harus tahu ini, madu memiliki banyak kandungan yang bermanfaat serta banyak khasiatnya untuk wanita salah satunya yaitu baik untuk kesuburan.

Antioksidan, vitamin, hingga mineral penting terkandung dalam madu sehingga bahan alami ini berkhasiat untuk kesehatan secara umum.

Khasiat Madu untuk Kesehatan Wanita

Berikut sejumlah khasiat madu untuk kesehatan wanita:

  1. Sumber Antioksidan

Madu merupakan sumber antioksidan dan senyawa tanaman bioaktif yang penting, seperti flavonoid dan asam fenolik. Antioksidan dalam madu inilah yang menawarkan banyak manfaat.

Makanan kaya antioksidan diketahui bisa melindungi dari kondisi kronis. Kandungan ini bantu menetralkan spesies oksigen reaktif yang dapat menumpuk di sel dan menyebabkan kerusakan.

Madu berwarna gelap disebut mengandung antioksidan yang lebih banyak dibandingkan madu berwarna agak terang.

  1. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Menurut dokter kandungan-ginekolog Andrea Chisholm, MD, penggunaan madu pada masa prakonsepsi dianggap dapat bantu meningkatkan kemampuan wanita untuk hamil, dikutip dari laman Verywell Family.

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Dengan kandungannya yang lengkap, madu yang dikonsumsi dapat bantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahan ini bekerja sebagai pencahar alami yang bisa menaikkan metabolisme, memperkuat memori, hingga memerangi berbagai jenis penyakit, seperti flu, alergi, demam, sampai sakit tenggorokan.

  1. Memperbaiki Hormon yang Tak Seimbang
BACA JUGA :  Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah Hadiri Reform Knowledge Sharing

Akibat ketidakseimbangan kadar testosteron, wanita kerap kali mengalami kondisi hormon yang juga tak seimbang. Hal ini pada akhirnya akan berdampak pada kesehatan reproduksi.

Mengkonsumsi madu rutin setiap hari dikatakan dapat bantu menyeimbangkan hormon testosteron sehingga kesehatan reproduksi bisa meningkat.

  1. Meredakan Rasa Sakit

Dikutip Times of India, madu bisa bantu mengurangi rasa sakit dan peradangan dalam tubuh. Bahan alami ini cocok dikonsumsi termasuk saat perempuan mengalami gejala selama siklus menstruasinya, seperti nyeri badan, sakit punggung, juga sakit kepala.

Untuk mengkonsumsinya, 1 sendok makan madu dapat dicampur ke dalam segelas air hangat. Dengan begitu, nyeri sebelum atau saat haid bisa mereda.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berdasarkan penelitian, madu dapat bantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar lemak darah, mengatur detak jantung, serta mencegah kematian sel-sel sehat di dalamnya. Dengan begitu, sejumlah penyakit jantung bisa dicegah.

  1. Memperlambat Penuaan Kulit

Tanda-tanda penuaan seperti garis halus dapat terlihat seiring bertambahnya usia. Akan tetapi, munculnya kerutan bisa diperlambat dengan bahan alami ini lho. Lagi-lagi, ini karena antioksidan yang terkandung dalam madu.

BACA JUGA :  Kejuaraan Tarung Derajat Wali Kota Bogor Cup II 2024, Persiapan Menuju Porprov 2026

Untuk memperoleh khasiat ini, madu dapat dikonsumsi rutin pada pagi hari atau bisa dijadikan skincare berupa masker. Masker dibuat dengan mencampurkan madu dan yoghurt alami, lalu oleskan ke kulit.

  1. Menyembuhkan Luka Lebih Cepat

Sifat antibiotik dan antiinflamasi yang dimiliki madu bisa bantu penyembuhan tubuh dengan lebih cepat. Bahan alami ini efektif menyembuhkan luka dan luka bakar pada tubuh luar bila digunakan secara topikal.

Namun jika memiliki luka bakar yang parah, pengobatan dengan madu tidak dianjurkan.

  1. Sebagai Pemanis Alami

Madu dapat berperan sebagai pemanis alami. Ini lantaran madu dibuat oleh lebah dari nektar bunga dan ditambahkan beberapa enzim ke dalamnya. Enzim akan mengubah sukrosa (gula) dalam nektar menjadi glukosa dan fruktosa.

Dengan kandungan gula alami di dalamnya, madu dapat memberikan opsi lebih sehat dibandingkan gula biasa. Dan bahan ini dapat dijadikan sebagai pilihan baik untuk diet.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================