BELAJAR SMART DI MUSEUM

Akibat itu semua, masyarakat Indonesia tidak tertarik berkunjung ke museum.
Belajar itu tidak hanya di ruang kelas, tapi juga bisa di lingkungan sekolah dan di masyarakat, dalam hal ini, belajar bisa juga di museum.

Guru juga bukan satu-satunya sumber belajar, jadi sumber belajarnya bisa lewat internet, buku, seorang ahli yang berkompeten di bidangnya.

Pertama, dibuat program belajar menyenangkan satu hari di museum. Kegiatan ini melibatkan seluruh warga sekolah, termasuk orang tua siswa, tokoh masyarakat dan nara sumber yang berkompeten.

Kegiatan ini sungguh menarik, karena akan terjadi silaturahmi seluruh warga sekolah. Bentuk kegiatan bisa berupa lomba menggambar tokoh sejarah.m

Loba membuat puisi sejarah, lomba fotografi sejarah, peragaan busana tokoh sejarah, lomba menulis essai sejarah, lomba lagu perjuangan, bazar kuliner yang diikuti oleh orang tua peserta didik, sampai kegiatan yang bersifat ilmiah seperti bedah buku, presentasi dan workshop.

BACA JUGA :  Menu Dinner dengan Fettuccine Saus Jamur Segar yang Praktis dan Lezat

Sehingga kegiatan ini akan berlangsung meriah dan guru tetap bisa mengadakan penilaian selama kegiatan ini berlangsung, yaitu nilai sikap dan nilai sosial yang meliputi perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, dan lain-lain.

Agar kegiatan ini lebih menarik, semarak dan ada nilai pendidikannya, peserta didik diperbolehkan memakai pakaian adat, pakaian tokoh sejarah idolanya atau bahkan pakaian sesuai cita-citanya serta hobynya. Termasuk juga orang tua siswa boleh memakai pakaian sesuai dengan profesinya, insyaAllah heboh bro.

BACA JUGA :  Warga di Kota Madiun Diserang Sekelompok OTK, 7 Orang Luka

Kedua, museum harus dibuat menarik bagi peserta didik dan masyarakat umum. Museum harus representatif dan lengkap sarana dan prasarananya, museum harus bersih seperti pusat perbelanjaan, museum harus bersih. Dan wangi seperti hotel, museum harus indah seperti taman, sehingga kita betah seharian ada di museum.

Mulai sekarang harus kita rubah, pemahaman kita terhadap museum yang selama ini tempat yang membosankan menjadi tempat yang menyenangkan dan tempat yang layak untuk rekreasi serta tempat untuk menambah ilmu pengetahuan. Jayalah Indonesiaku. ***

 

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================