Pastikan Jalur Mudik dan Wisata Aman, Sandiaga Uno Blusukan ke Tempat Wisata di Puncak Bogor

Sandiaga Uno
Menparekraf, Sandiaga Uno didampingi Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu dan Owner Minimania berkeliling di area wisata Minimania di Jalan Raya Cibogo Puncak, Cipayung Datar, Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Foto : bogor-today.com

BOGOR-TODAY.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meninjau kesiapan jalur mudik dan jalur wisata di kawasan wisata Puncak Bogor, Jawa Barat dengan menggunjungi Pospam Gadog, Senin (8/4/2024).

Sandiaga menyatakan akan ada sekitar 160 ribu kendaraan atau 193,6 juta pemudik dan wisatawan diprediksi akan melintasi Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Menurutnya, jumlah tersebut menjadi empat kali lipat dari daya tampung fasilitas jalan.

“Jika melihat jumlah tersebut harus ada rekayasa maupun juga kesiapan destinasi termasuk jalur-jalur alternatif juga sudah disiapkan,” kata Sandiaga kepada wartawan.

Sebab, kata Sandiaga jalur puncak selalu menjadi pilihan utama untuk wisatawan juga para pemudik.

“Kami mengapresiasi kerja sama yang luar biasa antara pak Pj Bupati serta instansi terkait dalam kesigapan. Inilah yang kita perlukan, bukan hanya kesiapan destinasinya maupun jalurnya, tetapi juga para UMKM nya,” tutur Sandiaga.

BACA JUGA :  Cari Wawasan Soal Perguruan Tinggi, Pelajar SMAN 10 Bogor Kunjungi UGM

Sehingga, nanti produk produknya akan lebih bisa meningkat dan membawa dampak ekonomi yang lebih luas kepada masyarakat.

Tak hanya meninjau kesiapan jalur mudik, Sandiaga juga sempat berbincang dengan beberapa pemudik yang tengah beristirahat di Pos Pam Gadog.

Usia berbincang-bincang, Sandiaga melanjutkan perjalanannya menuju tempat sejumlah tempat wisata seperti Minimania, Heha Waterfall, Gunung Mas dan Bobo Cabin.

Sandiaga menyebut peninjauan ini dilakukan untuk melihat langsung kesiapan dari sejumlah destinasi wisata di wilayah kawasan puncak Kabupaten Bogor.

Mulai dari fasilitas sarana prasarana, parkirnya, kenyamanan, keamanan hingga SOP mitigasi dan penanganan bencananya.

BACA JUGA :  Diduga Rem Blong, Truk Muatan Batu di Ciampea Bogor Tabrak 3 Mobil

Dengan demikian, ia mengimbau kepada seluruh wisatawan dan pemudik, tetap berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan seluruh instansi, untuk memastikan bahwa wisata di Puncak ini sehingga kita bisa tangani dengan baik.

Baik dari segi fasilitasnya, parkirnya, kenyamanan, dan keamanannya. Mari, kita sama-sama menjaga keselamatan lalu lintas juga kenyamanan para wisatawan.

Terkait mitigasi bencana Sandiaga meminta tempat wisata wajib menyiapkan keselamatan dan kemanan sesuai dengan SOP, seperti curah hujan yang dapat menyebabkan voume air tinggi maka mitigasi mengurangi tekanan air juga harus disiapkan sehingga tidak terjadi longsor.

============================================================
============================================================
============================================================