Tape Ketan Ternyata Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Simak Ini

BOGOR-TODAY.COM — Lebaran menyajikan berbagai macam makanan salah satunya yaitu tape ketan.

Ternyata tanpa disadari oleh sebagian orang, makanan tradisional Indonesia ini memiliki banyak mengandung nutrisi dan antioksidan yang dapat menjaga daya tahan tubuh, bahkan menyehatkan kulit lho.

Nutrisi dalam 100 gram tape ketan terkandung sekitar 166 kalori dan beberapa nutrisi lain, seperti:

  • Air
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Serat
  • Kalsium

Selain itu, tape ketan hitam secara khusus juga dilengkapi dengan kandungan antioksidan di dalamnya, terutama antosianin.

Warna hitam atau ungu pekat pada beras ketan hitam menandakan bahwa kandungan antosianinnya tinggi.

Berikut ini manfaat tape ketan untuk kesehatan yang dirangkum dari beberapa sumber ilmiah:

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Tape ketan hitam juga diketahui bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan serat dan antosianin di dalamnya yang mampu menurunkan penyerapan gula darah.

Berkat manfaat tape ketan tersebut, tape ketan hitam baik dikonsumsi bagi penderita diabetes atau orang dengan kadar gula darah yang melebihi batas normal. Meski begitu, pastikan bahwa olahan tape ketan yang dimakan tidak mengandung gula tambahan yang banyak.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol
BACA JUGA :  Enak dan Menyehatkan Tubuh, Ini Dia 5 Manfaat Konsumsi Sarang Burung Walet

Tape ketan merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol. Manfaat ini diduga dari kandungan probiotik, serat, dan antosianin yang mampu mengurangi peradangan, mengurangi kadar kolesterol jahat  (LDL), dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Alih-alih mengonsumsi gorengan atau makanan berminyak, cobalah konsumsi tape ketan sebagai camilan yang sehat, apalagi bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi atau berisiko mengalaminya.

  1. Sumber Energi

Karbohidrat kompleks dalam tape ketan memberikan sumber energi yang berkelanjutan untuk tubuh. Ini membantu menjaga kadar gula darah dalam batas normal, sementara vitamin B kompleks dalam tape ketan dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Dengan begitu, tidak hanya mendapatkan energi yang cukup tetapi juga meningkatkan daya tahan tubuh secara keseluruhan.

  1. Mendukung Sistem Saraf yang Sehat

Kandungan vitamin B kompleks pada tape ketan memberikan dukungan penting untuk sistem saraf.

Vitamin ini membantu memperbaiki dan mengembalikan sel-sel saraf yang rusak, meningkatkan fungsi otak, dan memori.

Dengan demikian, tape ketan bukan hanya makanan lezat tetapi juga makanan cerdas untuk menjaga kesehatan sistem saraf, dan hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian ilmiah.

  1. Sumber Probiotik Alami
BACA JUGA :  Laga Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 Disorot Media Internasional

Tape ketan bukan hanya sekadar hidangan lezat tapi merupakan sumber probiotik alami yang baik. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa probiotik dikenal dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dengan menjaga keseimbangan bakteri baik dan buruk di dalam usus.

Dengan mengonsumsi tape ketan secara teratur, dapat memberikan dukungan luar biasa bagi sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi usus.

  1. Mengurangi Stres

Asam amino triptofan dalam tape ketan hitam dapat membantu meningkatkan produksi serotonin, yang dikenal sebagai “hormon kebahagiaan.”

Dengan demikian, konsumsi tape ketan secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mental, mengurangi stres, dan bahkan mengurangi risiko terjadinya depresi dan kecemasan.

  1. Meningkatkan Fungsi Jantung

Tape ketan diketahui mengandung bakteri asam laktat (BAL) yang dapat meningkatkan fungsi jantung.

Penelitian ilmiah membuktikan dengan menambahkan bakteri Lactobacillus acidophilus pada tape ketan dan menemukan peningkatan jumlah bakteri tersebut setelah proses fermentasi. Bakteri L. acidophilus dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat di saluran cerna, membantu menurunkan kadar kolesterol darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

============================================================
============================================================
============================================================