Gangguan Mental Bisa Jadi Pemicu Susah Bangun Pagi, Benarkah?

BOGOR-TODAY.COM – Salah satu kebiasaan yang sering menggangu aktivitas adalah sulit bangun pagi hingga selalu mengantuk bahkan setelah bangun. Kondisi ini biasanya terjadi ketika seseorang tidur malam terlalu larut.

Jika seseorang terus menerus mengalami kesulitan bangun tidur saat pagi hari, ternyata hal ini dapat menjadi indikasi gangguan mental yang perlu mendapatkan perawatan.

Penyebab sulit bangun pagi juga bisa disebabkan karena ada beberapa masalah kesehatan mental. Seseorang yang mengalami kesulitan bangun tidur, meski sudah tidur yang cukup, bisa saja mengalami masalah kesehatan mental.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Apresiasi Umbara Jadi Kampus Pertama di Indonesia Yang Terapkan Smart and Green Energy Campus

Berikut ini adalah sederet masalah kesehatan mental yang mungkin menjadi pemicunya:

  1. Depresi

Seseorang yang sulit bangun pagi memiliki kemungkinan masalah depresi. Selain itu, umumnya kondisi ini juga disertai beberapa keluhan seperti perasaan sedih, kekosongan atau merasa hampa dan putus asa sepanjang hari, serta perubahan nafsu makan atau pola tidur.

  1. Kecemasan

Masalah kesehatan mental seperti kecemasan (anxiety) juga dapat memengaruhi seseorang sulit untuk bangun tidur. Penelitian menunjukkan sekitar 50 persen orang yang mengidap anxiety mengalami gangguan tidur, termasuk sulit bangun dari tidur.

  1. Gangguan Bipolar
BACA JUGA :  Halalbihalal IWAPI Kota Bogor, Hery Antasari: Ciptakan Pengusaha Tangguh

Gangguan Bipolar atau Bipolar Disorder bisa menjadi salah satu alasan seseorang sulit bangun tidur. Perubahan suasana hati bisa membuat pengidap ganggaun bipolar sulit memejamkan mata untuk tidur dan membuka mata untuk bangun.

============================================================
============================================================
============================================================