Semangka Bagus untuk Diet, Benarkah? Simak Ini

BOGOR-TODAY.COM – Apa benar semangka bagus dikonsumsi saan sedang diet? Ini jawabannya.

Semangka adalah salah satu buah berwarna merah yang berair. Semangka identik dengan musim panas.

Ternyata semangka memiliki potensi untuk membantu program diet. Lantaran kandungan airnya yang tinggi, kalori rendah, dan serat yang cukup menjadikannya pilihan camilan ideal untuk menjaga berat badan ideal.

Tak hanya itu, buah semangka juga mengandung senyawa bermanfaat yang dapat membantu membakar lemak dan meningkatkan pencernaan. 

Lalu bagaimana dengan kandungan gula dalam semangka yang disebut tinggi?

Semangka mengandung nutrisi yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang, membangkitkan kinerja olahraga, membakar lemak, dan membantu pencernaan.

Tak hanya itu, semangka juga bisa memuaskan hasrat ingin makanan manis. 

BACA JUGA :  Sarapan dengan Pancake Pisang Sirup Maple yang Enak dan Simple

1. Membuatmu cepat kenyang

Semangka mengandung 92% air, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk tetap terhidrasi. Dehidrasi dapat membuatmu merasa lapar dibanding haus sehingga menyebabkan asupan kalori tidak diperlukan saat tubuh membutuhkan air.

2. Rendah kalori

Satu cangkir semangka mengandung 45 kalori. Jumlah ini jauh lebih rendah dibandingkan camilan lain seperti keripik kentang (540 kalori per 100 gram) atau cokelat (570 kalori per 100 gram).

Mengganti camilan ultra-olahan berkalori tinggi dengan semangka dapat membantumu mengurangi kalori dan menurunkan berat badan sambil tetap merasa kenyang.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi makanan rendah kalori dan bervolume tinggi sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar dan asupan kalori secara keseluruhan. Tentu dapat membantu penurunan berat badan.

BACA JUGA :  Laga Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 Disorot Media Internasional

3. Tinggi serat

Kandungan serat dalam semangka membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kadar gula darah stabil. Makanan tinggi serat seperti semangka juga membuatmu lebih cepat kenyang.

Dalam sebuah penelitian, partisipan diberikan 2 cangkir semangka atau kue rendah lemak dengan kalori yang sama setiap hari selama 4 minggu.

Para peneliti menemukan bahwa kelompok yang mengonsumsi semangka mengalami penurunan rasa lapar, berkurangnya asupan makanan, dan berkurangnya keinginan untuk makan.

Konsumsi semangka juga secara signifikan mengurangi berat badan, indeks massa tubuh (BMI), tekanan darah, dan rasio pinggang-pinggul

4. Meredakan sakit otot setelah olahraga

Semangka mengandung asam amino yang disebut citrulline. Ini meningkatkan konsentrasi L-arginin dalam darah (asam amino yang membantu tubuh membangun protein).

============================================================
============================================================
============================================================