Wajib Tahu! Bersihkan Usus Kotor Setelah Lebaran dengan 6 Makanan Ini

BOGOR-TODAY.COM – Saat momen lebaran, membuat usus menjadi kotor lantaran ia merupakan salah satu organ pencernaan yang bekerja keras usai kita memakan berbagai macam makanan bersantan, berlemak, daging, dan makanan manis.

Maka dari itu, kita perlu menjaga dan membersihkan usus dengan mengonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Hal ini biasanya membuat kebanyakan orang mengalami diare atau sembelit karena pola makan yang kurang dijaga selama Lebaran.

Ini dia makanan yang perlu dikonsumsi untuk membersihkan usus

  1. Konsumsi banyak air putih
BACA JUGA :  Penderita Autoimun Harus Hindari 5 Makanan Ini!

Makanan yang dapat membersihkan usus salah satunya adalah air putih. Minum banyak air terutama air hangat dan tetap terhidrasi adalah cara paling sederhana untuk memperlancar pencernaan.

Mengonsumsi air putih sebanyak enam hingga delapan gelas air hangat setiap hari dianjurkan untuk membersihkan usus besar.

Selain itu, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar yang kaya akan kandungan air seperti semangka dan tomat akan sangat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

  1. Air lemon dan madu

Air lemon dan madu juga menjadi salah satu makanan yang dapat membersihkan usus kotor. Cara membuatnya yakni dengan campurkan perasan lemon segar, satu sendok teh madu dengan air hangat lalu minum saat perut kosong di pagi hari.

  1. Jus dan smoothie
BACA JUGA :  7 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

Jus buah dan sayuran juga menjadi salah satu makanan membersihkan usus kotor. Jus yang berisi campuran apel, lemon, dan lidah buaya membantu membersihkan usus besar.

Selain itu, jus buah dan sayuran juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

============================================================
============================================================
============================================================