Dijamin Tidur Nyenyak dengan 6 Kebiasaan Malam Hari Ini

BOGOR-TODAY.COM – Tidur malam yang nyenyang memang keinginan semua orang lantaran dari seharian melakukan aktivitas yang melelahkan, bisa istirahat dengan tenang.

Atau, kadang-kadang, betapapun lelahnya kita, kita tidak bisa sekadar memejamkan mata dan tidur nyenyak. Hal itu karena kita cenderung mengadopsi kebiasaan buruk yang bedampak langsung pada kesehatan dan juga kualitas tidur.

Maka dari itu, artikel ini akan membagikan tips kebiasaan malam hari agar kamu bisa tidur dengan nyenyak.

  1. Ubah Posisi Tidur

Posisi tidur terbaik adalah telentang. Hal ini tentu baik untuk tulang belakang dan leher bagian belakang, namun bisa menyebabkan mendengkur dan sleep apnea.

Di sisi lain, tidur tengkurap memiliki lebih banyak kerugian dibandingkan kelebihannya. Posisi ini memaksamu untuk menoleh, yang bisa menimbulkan rasa sakit yang sangat parah pada tubuh bagian atas.

BACA JUGA :  Sejarah Baru, Timnas Indonesia Melaju ke Semifinal Piala Asia U-23

Jika Anda tidur miring, Anda bisa mengurangi tekanan pada tulang belakang, tetapi pinggulmu akan terpengaruh.

Dalam posisi janin, otot-otot secara alami rileks dan refluks serta mulas berkurang. Namun, posisi ini bisa membuat sulit bernapas. Jadi, penting untuk mengubah posisi tidur dari waktu ke waktu untuk mendapatkan tidur nyenyak.

  1. Usahalan untuk Selalu Tidur dan Bangun di Jam yang Sama

Penting untuk diketahui bahwa tidur ditentukan oleh ritme sirkadian, yakitu jam biologis 24 jam bervariasi pada setiap orang.

Jadi, untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak dan bangun dengan langkah yang benar, penting untuk menerapkan ritme yang konsisten dalam hal waktu tidur dan, yang terpenting, bangun.

Bangun terlambat di pagi hari akan menunda waktu tidur berikutnya, dan berdampak pada tidur malam berikutnya jika perilaku tersebut berulang.

BACA JUGA :  Warga Digegerkan Penemuan Jasad Korban Hanyut di Pamijahan 1 Bulan Lalu

Oleh karena itu, penting untuk memiliki ritme yang teratur untuk merasakan kelelahan tertentu yang mengingatkan kita bahwa sudah waktunya untuk tidur.

  1. Ranjang hanya untuk tidur

Tempat tidur harus dianggap sebagai tempat yang didedikasikan khusus untuk tidur. Aktivitas lain yang tidak sesuai dengan tidur harus dihilangkan. Jadi, sebaiknya kita tidak menonton serial Netflix berjam-jam, makan, atau membaca di tempat tidur.

Yang penting, tidurlah hanya ketika kita ingin tidur. Jika Anda masih belum mengantuk, lebih baik bangun dari tempat tidur. Tetap di tempat tidur bisa memicu kecemasan yang membuatmu lebih sulit tertidur.

Ranjang menjadi tempat relaksasi yang pertama dan terpenting, di mana kita harus menjauhkan semua pikiran negatif.

============================================================
============================================================
============================================================