Kurangi Overthinking dengan Lakukan 6 Kebiasaan Ini

BOGOR-TODAY.COM – Anak jaman sekarang sering menyebutkan bahwa dirinya sedang overthinking yang dimana, mereka dengan merasakan pikiran yang negatif seperti persoalan kekhawatiran, emosi, hingga kebingungan. Apakah kamu termasuk orang yang sering overthinking? Jika iya, maka simak berikut ini.

Terlalu banyak pikiran atau overthinking biasanya perasaan yang cenderung negatif. Hal ini seringkali menimbulkan kecemasan bahkan mengganggu kesehatan mental berkepanjangan.

Sebuah studi tahun 2022 menemukan bahwa orang dewasa muda yang mengalami kesepian terlibat dalam topik-topik perenungan tertentu. Misal hubungan sosial dan interaksi negatif di masa lalu, kondisi masa kini, ketakutan atau kekhawatiran tentang kehidupan setelah kehilangan orang yang dicintai, dan merenungkan makna keberadaan diri sendiri.

BACA JUGA :  Rekonsiliasi Tokoh Politik Bumi Tegar Beriman, Jelang Pilkada 2024 Pajeleran dan Bilabong Kian Harmonis

Jika kamu ingin mengurangi overthinking di dalam hidupmu, maka perlu perhatikan kebiasaan-kebiasaan ini.

6 Kebiasaan untuk Mengurangi Overthinking

1. Melatih Perhatian

Kebiasaan ini dilakukan untuk melatih perhatian penuh yang melibatkan kesadaran pikiran dan perasaan. Latihan ini bertujuan untuk menerima keadaan yang sedang dihadapi dengan apa adanya dan tanpa menghakimi.

Secara singkat, latihan perhatian ini bertujuan untuk fokus pada kehidupan atau keadaan yang sedang berlangsung, tanpa memikirkan masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan.

Latihan ini bisa meningkatkan kewaspadaan agar perenungan yang dilakukan adalah untuk fokus terhadap hal terdekat yang dijalani, bukan yang belum dijalani.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Bihun Goreng Sapi yang Lezat Gurih dan Praktis

2. Mengalihkan Perhatian dengan Aktivitas Positif

Sebaliknya, mengalihkan perhatian juga bisa dilakukan untuk mengurangi overthinking. Namun, agar pengalih perhatian dari berpikir berlebihan menjadi efektif, aktivitas tersebut harus cukup mengasyikkan untuk mengalihkan fokus dan perhatian dari pikiran negatif.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan antara lain:

– Menonton film atau acara TV

– Membaca buku

– Memainkan permainan

– Mengerjakan pekerjaan rumah

– Melakukan pekerjaan sekolah atau pekerjaan

– Memainkan instrumen

============================================================
============================================================
============================================================