Kurangi Overthinking dengan Lakukan 6 Kebiasaan Ini

BOGOR-TODAY.COM – Anak jaman sekarang sering menyebutkan bahwa dirinya sedang overthinking yang dimana, mereka dengan merasakan pikiran yang negatif seperti persoalan kekhawatiran, emosi, hingga kebingungan. Apakah kamu termasuk orang yang sering overthinking? Jika iya, maka simak berikut ini.

Terlalu banyak pikiran atau overthinking biasanya perasaan yang cenderung negatif. Hal ini seringkali menimbulkan kecemasan bahkan mengganggu kesehatan mental berkepanjangan.

Sebuah studi tahun 2022 menemukan bahwa orang dewasa muda yang mengalami kesepian terlibat dalam topik-topik perenungan tertentu. Misal hubungan sosial dan interaksi negatif di masa lalu, kondisi masa kini, ketakutan atau kekhawatiran tentang kehidupan setelah kehilangan orang yang dicintai, dan merenungkan makna keberadaan diri sendiri.

Jika kamu ingin mengurangi overthinking di dalam hidupmu, maka perlu perhatikan kebiasaan-kebiasaan ini.

6 Kebiasaan untuk Mengurangi Overthinking

1. Melatih Perhatian

Kebiasaan ini dilakukan untuk melatih perhatian penuh yang melibatkan kesadaran pikiran dan perasaan. Latihan ini bertujuan untuk menerima keadaan yang sedang dihadapi dengan apa adanya dan tanpa menghakimi.

Secara singkat, latihan perhatian ini bertujuan untuk fokus pada kehidupan atau keadaan yang sedang berlangsung, tanpa memikirkan masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan.

Latihan ini bisa meningkatkan kewaspadaan agar perenungan yang dilakukan adalah untuk fokus terhadap hal terdekat yang dijalani, bukan yang belum dijalani.

BACA JUGA :  Wajib Tahu Ini! 7 Manfaat Singkong untuk Kesehatan Tubuh

2. Mengalihkan Perhatian dengan Aktivitas Positif

Sebaliknya, mengalihkan perhatian juga bisa dilakukan untuk mengurangi overthinking. Namun, agar pengalih perhatian dari berpikir berlebihan menjadi efektif, aktivitas tersebut harus cukup mengasyikkan untuk mengalihkan fokus dan perhatian dari pikiran negatif.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan antara lain:

– Menonton film atau acara TV

– Membaca buku

– Memainkan permainan

– Mengerjakan pekerjaan rumah

– Melakukan pekerjaan sekolah atau pekerjaan

– Memainkan instrumen

– Melakukan proyek seni

– Interaksi sosial

– Menjangkau teman, keluarga, dan anggota komunitas dapat menjadi strategi positif untuk mengatasi stres dan perenungan.

3. Berolahraga

Olahraga bisa menjaga kesehatan baik fisik maupun mental. Oleh karena itu, olahraga juga berperan untuk mengurangi overthinking.

Beberapa olahraga yang bisa dijadikan kebiasaan sehari-hari yakni jalan-jalan, berenang, menari, gym, yoga atau tai chi, hingga golf.

Selain itu, makan makanan bergizi juga bisa mendukung kesehatan pikiran dan tubuh, sehingga membantu menjauhkan stres.

4. Menikmati Alam

Banyak studi juga menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam bisa membuat pikiran lebih baik. Melihat pemandangan alam diketahui dapat memberikan ruang damai yang lebih kondusif untuk berpikir konstruktif.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 15 Mei 2024

Sebuah penelitian kecil pada 2015 yang melibatkan 38 peserta menemukan bahwa peserta yang berjalan-jalan di alam selama 90 menit melalui ruang hijau dekat Universitas Stanford melaporkan tingkat perenungan yang lebih rendah dibandingkan peserta yang berjalan dalam jangka waktu yang sama melalui lingkungan perkotaan.

5. Memiliki Empati

Jika overthinking bisa merugikan diri sendiri, maka hal yang perlu disadari adalah lebih peduli dan menyayangi diri.

Salah satu cara untuk menjadi orang yang peduli pada diri sendiri, seseorang harus bersikap baik dan ramah terhadap diri sendiri. Hal ini juga berarti memperlakukan diri sendiri dengan perhatian dan kasih sayang yang sama seperti seorang teman dekat yang mengalami pengalaman serupa, sebagaimana dikutip dari Times of India.

6. Ungkapkan Rasa Syukur Setiap Hari

Alih-alih mengkhawatirkan yang belum terjadi saat overthinking, bersyukur setiap hari untuk hal-hal yang telah dimiliki bisa mengontrol pikiran lebih baik.

Mengungkapkan rasa syukur setiap hari dapat melatih kewaspadaan. Praktik ini bisa membantu diri menjadi lebih sadar akan situasi saat ini. Bersamaan dengan bersyukur, cara ini juga bisa membantu diri sehingga lebih menghargai banyak hal yang ada di sekitar kita.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================