Turunkan Kolesterol usai Kalap Makan saat Liburan Lebaran dengan Ramuan yang Dijamin Ampuh

BOGOR-TODAY.COM Kolesterol tinggi bisa terjadi di dalam tubuh Kamu jika saat Lebaran mengonsumsi makanan-makanan khas, seperti opor, daging rendang, hingga gulai. Walaupun lezat dan nikmat, serta sayang jika dilewatkan, itu akan menaikan kadar kolesterol pada tubuh kamu lho.

Kolesterol sendiri sebenarnya bisa diredakan dengan banyak cara, salah satunya mengonsumsi obat kolesterol. Namun di samping itu, ada beberapa cara menurunkan kadar kolesterol tanpa obat.

Cara ini meliputi mengonsumsi ramuan yang secara turun temurun terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol maupun trigliserida darah.

1. Susu Kedelai

Susu kedelai bisa jadi salah satu pilihan terbaik bagi mereka yang peduli dengan kolesterol. Sebab, satu cangkir susu kedelai mengandung 80 kalori dan hanya 2 gram lemak saja. Sumber susu kedelai yang berasal dari tanaman dapat membantu mengurangi atau mengelola kadar kolesterol.
Food and Drug Administration (FDA) AS merekomendasikan untuk mengonsumsi 25 gram protein kedelai per hari sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, lebih baik mengkonsumsi kedelai dalam bentuk utuh dan diproses minimal dengan sedikit atau tanpa tambahan gula, garam, dan lemak.
2. Susu Oat

BACA JUGA :  Penderita Autoimun Harus Hindari 5 Makanan Ini!

Susu oat mengandung oat beta-glukan yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol normal. Sebuah tinjauan pada 2018 menemukan bahwa minuman oat, seperti susu oat, membantu mengurangi kolesterol yang lebih konsisten daripada produk oat semi-padat atau padat. Segelas 250 ml susu oat dapat menyediakan 1 gram beta-glukan.

BACA JUGA :  Ditinggal Ibu Menyapu, Bocah di Makassar Terjebak Mesin Cuci

Susu oat, bila tanpa pemanis, bisa menjadi alternatif yang sangat baik untuk mencegah atau mengatasi kolesterol tinggi dan juga mengandung protein yang baik untuk kesehatan.

3. Jus Tomat

Tomat kaya akan senyawa likopen, yang dapat meningkatkan kadar lipid dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengolah tomat menjadi jus dapat meningkatkan kandungan likopennya.

Studi menemukan bahwa konsumsi 280 ml jus tomat setiap hari selama dua bulan berhasil menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

4. Smoothie Berry

============================================================
============================================================
============================================================