Paling Dicari Tarvel, Ini Dia 8 Makanan Khas Maluku yang Terkenal

BOGOR-TODAY.COM – Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan rempahnya adalah Maluku. Wilayah sebagai pusat rempah-rempah, seperti pala dan cengkeh. Nah, kali ini artikel ini akan membahas makanan khas Maluku yang sering dicari travel lantaran rasa makanannya sangat berasa bumbu rempahnya.

Tak heran, Maluku pernah menjadi pusat perdagangan rempah-rempah. Bahkan, di masa kolonial Belanda, salah satu pulau di Maluku yakni Kepulauan Banda pernah diperebutkan oleh banyak negara Eropa, seperti Portugis, Belanda, dan Inggris. 

Tidak afdhal rasanya jika berkunjung ke daerah di timur Indonesia ini tidak mencicipi kulinernya.

1. Ikan Kuah Pala Banda

Ikan kuah pala banda merupakan salah satu makanan khas dari Maluku. Makanan yang dapat kita temukan di Kepulauan Banda ini tentunya dijamin akan mengundang rasa lapar.

BACA JUGA :  HARI KEBANGKITAN NASIONAL PERLU PELURUSAN SEJARAH?

Ikan kuah pala banda adalah masakan yang biasanya menggunakan ikan kakap atau kerapu. Sesuai dengan namanya, makanan khas Maluku satu ini cenderung pedas dan segar karena berbahan dasar rempah-rempat macam cabai, merica, dan garam. 

2. Ikan Bakar Dabu-dabu 

Meski ikan dabu-dabu dikenal di daerah Manado, namun Maluku juga memiliki ikan bakar dabu-dabu versi sendiri. Jika kamu sedang ingin makan bakar-bakaran tak ada salahnya untuk mencicipi makanan satu ini. 

Ikan bakar dabu-dabu sang pas dinikmati dengan sambal dabu-dabu yang pedas dan khas. Tak hanya itu, makanan ini juga enak jika disantap dengan nasi hangat. 

BACA JUGA :  Kevin Sanjaya Resmi Putuskan Pensiun Sebagai Atlet Bulu Tangkis

3. Lalampa

Lalampa merupakan makanan khas Maluku yang berisi beras ketan. Di dalamnya terdapat daging ikan tongkol atau ikan cakalang. Sebelum diolah, isiannya juga ditambahkan berbagai bumbu rempah dan minyak sayur.

Jika isi lalampa dirasa telah cukup banyak, lalu dibungkus dengan daun pisang. Kemudian, dibakar hingga matang. Proses membuat lalampa dengan cara dibayar dapat membuat aroma, rasa, dan bumbu meresap hingga ke dalam. 

4. Sambal Colo-colo

Sambal colo-colo terbuat dari berbagai macam bahan, seperti irisan tomat muda, cabai rawit, bawang merah, dan berbagai rempah lainnya. Lalu, dicucuri dengan jeruk nipis dan ditambahkan daun kemangi yang wangi.

============================================================
============================================================
============================================================