Paling Dicari Tarvel, Ini Dia 8 Makanan Khas Maluku yang Terkenal

Sambal colo-colo biasanya dijadikan sebagai makanan pelengkap yang wajib ada dihidangkan oleh masyarakat Maluku. Terlebih lagi, sambal satu ini sangat cocok dinikmati dengan ikan bakar dan nasi panas.

5. Nasi Lapola 

Nasi lapola merupakan salah satu makanan khas Maluku yang terkenal dengan kelezatannya. Selain lezat, makanan satu ini juga bergizi karena terbuat dari bahan dasar beras, kacang tolo, dan parutan kelapa.

6. Sagu Papeda 

Tak hanya di Papua, sagu papeda juga dapat kita temukan di daerah Maluku. Mayoritas masyarakat Maluku menjadikan sagu papeda sebagai makanan poko pengganti nasi. 

BACA JUGA :  Bayern Muncher Resmi Kenalkan Vincent Kompany Sebagai Manager Baru

Sagu papeda merupakan makanan khas Maluku yang terbuat dari tepung sagu. Lalu, dimasak hingga kental hingga teksturnya lengket menyerupai lem. Meski rasanya tawar, makanan satu ini juga baik untuk kesehatan. 

Sebab, sagu papeda kaya akan serat, memiliki nutrisi yang tinggi, dan rendah akan kolesterol. 

7. Manisan Pala 

Manisan pala jadi salah satu makanan khas yang wajib kamu cicipi jika berkunjung ke Maluku. Sesuai dengan namanya, makanan satu ini terbuat dari bahan dasar rempah buah pala. 

Adapun, proses pembuatan manisan pala yakni dengan mengiris tipis-tipis buah pala segar. Setelah itu, direndam dengan air garam selama sehari. Ini dilakukan dengan tujuan agar rasa sepat pada buah hilang.

BACA JUGA :  Kebakaran Hanguskan Rumah Warga di Rumpin, Diduga Korsleting Listrik

8. Kohu-kohu

Kohu-kohu adalah makanan khas Maluku yang tampilannya mirip dengan urap sayur. Berbagai macam bahan dapat kita temukan di makanan khas satu ini. Seperti kacang panjang, timun, kemangi, tauge, kangkung, dan lain-lain. 

Tidak seperti urap sayur pada umunya, terdapat tambahan ikan pada kohu-kohu. Jenis ikan yang dapat ditemui dalam makanan khas tersebut adalah ikan pindang, tongkol, dan teri basah. (*)

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================