Pasokan Air Bersih Tirta Pakuan Kota Bogor Tembus ke 178.000 Pelanggan

BOGOR-TODAY.COM – Direktur Teknik Perumda Tirta Pakuan Ardani Yusuf menyebut saat ini cakupan pelayanan air bersih Tirta Pakuan, mencapai 62,09 persen dari seluruh rumah tangga yang ada di Kota Bogor, atau sekitar 178.000 pelanggan.

Menurut Ardani, Perumda Tirta Pakuan memanfaatkan air baku dari dua sungai besar dengan rincian, dari Sungai Cisadane sebanyak 2.100 liter per detik dan dari Sungai Ciliwung sebanyak 300 liter per detik. Termasuk dari beberapa mata air dan anak sungai.

BACA JUGA :  Tempat Pembuatan Kusen di Bogor Dibobol Maling, Kerugian Capai 50 Juta Rupiah

“Sebanyak 178.000 rumah yang memiliki sambungan air bersih dari Perumda Tirta Pakuan, tersebar di tujuh zona pelayanan dengan total produksi air sebanyak 2.631 liter per detik,” ujar dia, Senin (13/5/2024).

Terpisah, Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperinda) Kota Bogor menargetkan 100 persen rumah tangga di Kota Bogor, dapat mengkonsumsi air bersih melalui perpipaan. Dalam hal ini, Pemkot Bogor mengandalkan Perumda Tirta Pakuan untuk melayani seluruh warga Kota Bogor.

BACA JUGA :  Gendong Pasien Akibat Infrastruktur Buruk, Begini Kata Calon Bupati Bogor Jaro Ade

Kata Kepala Bapperinda Kota Bogor Rudi Mashudi menjelaskan, pada saat fenomena El Nino tahun lalu, kualitas air yang diolah Perumda Tirta Pakuan sempat terdampak. Hal itu terjadi saat peralihan dari musim kemarau panjang ke musim hujan.

======================================
======================================
======================================