CIBINONG, TODAY-Suksesnya penyelengaraan Bupati Cup 2016, menjadi titik awal kebangkitan Persepakbolaan Kabupaten Bogor. Dan rencananya turnamen ini akan dijadikan kalender resmi ASKAB PSSI Kabupaten Bogor setiap dua tahun sekali.

Ketua Panitia Pelaksana  turnamen Bupati Cup ke-1 tahun 2016, Mardelif mengatakan event Bupati Cup adalah event yang sangat strategis dalam menjaring potensi pesepakbola muda yang ada di Kabupaten Bogor.

“Usia 19 tahun adalah usia yang sangat ideal untuk terus dikembangkan jadi aset sepakbola Kabupaten Bogor. Tak heran, jika dari awal ASKAB PSSI Kabupaten Bogor menetapkan batasan usia  19 tahun sebagai  peserta dari Turnamen Bupati Cup ke-1 tahun 2016,”  tegas Mardelif.

Kenapa harus usia 19 tahun ? kata Mardelif, karena ASKAB PSSI Kabupaten Bogor punya agenda melakukan seleksi para pemain tim Kabupaten Bogor untuk Porda  XIII Jabar 2016 berasal dari event  Bupati Cup ke-1  tersebut.

Ia menegaskan, dari babak penyisihan sampai partai puncak, ASKAB PSSI Kabupaten Bogor telah menjaring sekitar 130 pemain yang mengikuti tahapan seleksi pembentukan Tim Kabupaten Bogor untuk Porda XIII Jabar  2018.

Ketua ASKAB PSSI Kabupaten Bogor, Hendra Budiman secara tegas mengatakan pola seleksi saat ini berjalan secara panjang dan mulai dilakukan pada akhir tahun 2016 mendatang.

“Kami tidak ingin terburu-buru dan langsung mencoret pemain seleksi. Kami akan mengubah pola itu, hingga benar- benar mampu menyaring para pemain yang berkualitas dan menjadi bagian utama tim sepakbola Kabupaten Bogor menuju Porda XIII Jabar 2018,” tegas Hendra.

Lebih lanjut, kata dia, Porda XIII Jabar  2018 mendatang, cabor sepakbola harus jadi garam dalam pesta medali Kontingen Kabupaten Bogor.

“Akan terasa hambar, jika Kontingen Kabupaten Bogor jadi juara umum Porda  XIII Jabar 2018 mendatang, tapi tidak dibarengi dengan emas sepakbola,” bebernya.

Untuk itu, dalam seleksi 130 pemain hasil saringan ASKAB di ajang Bupati Cup  ke-1 harus benar benar, objektif berdasarkan kualitas hingga mampu meramu para pemain potensial dan bisa memberikan medali emas bagi Kontingen Kabupaten Bogor di ajang Porda XIII Jabar 2018 mendatang. (Imam)