asuransi-jiwaJAKARTA, Today – Pernakah Anda ditawarkan untuk meme­san tiket berikut dengan asur­ansi perjalanan? Apakah sebai­knya Anda mengambil fasilitas tersebut?

Julian Noor, Direktur Ekse­kutif AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia) mengatakan, asuransi perjalanan memang hanya diminati sedikit orang In­donesia. Padahal, asuransi per­jalanan adalah komponen pent­ing dalam perjalanan terutama ke luar negeri.

Julian menuturkan, ada dua penyebab orang Indonesia tidak aware dengan asuransi perjala­nan. Pertama, masyarakat Indo­nesia tidak insurance minded. Kedua adalah persepsi masya­karat yang salah soal traveling. “Orang memang suka mengang­gap kalau traveling, biro perjala­nannya sudah memilihkan yang terbaik,” ujar Julian.

Padahal, perjalanan Anda ti­dak sepenuhnya terjamin. Mes­ki Anda sudah mendapat fasili­tas terbaik dari biro perjalanan, masih ada beberapa risiko yang mungkin saja terjadi saat ber­wisata. Misalnya masalah den­gan pesawat, kecelakaan saat tur, atau bahkan terorisme.

Bukanlah hal yang mudah bagi Anda apabila mengalami sakit atau kecelakaan di luar negeri. Selain kesulitan mencari rumah sakit, biaya yang harus Anda keluarkan juga semakin mahal. Inilah pentingnya asur­ansi perjalanan

“Buat mereka yang traveling itu preminya hanya sepersekian persen, tidak sampai 1persen dari biaya perjalanan mereka,” jelas Julian.

Julian menjelaskan, sering­kali orang mengacuhkan asur­ansi perjalanan karena men­ganggap preminya mahal. Harga asuransi perjalanan sebenarnya cenderung murah dibanding coverage yang pihak asuransi tawarkan. Harga asuransi travel sebenarnya hanya sekian pers­en dari total biaya perjalanan Anda.

“Sebetulnya tidak hanya itu yang di-cover oleh travel insur­ance. Kehilangan bagasi dan de­lay atau keterlambatan pener­bangan juga ditanggung,” ujar Julian.

Banyak penumpang pesawat yang mengeluh karena kehilan­gan bagasi. Namun, banyak pen­erbangan yang tidak bertang­gung jawab atau mungkin hanya mengganti sebagian kecil dari apa yang hilang. Dengan adanya travel insurance, keberadaan bagasi Anda dilindungi. Akan ada penggantian apabila bagasi hilang di tengah perjalanan.

Julian menambahkan, adan­ya asuransi perjalanan akan me­lindungi Anda dari delay peas­wat. Akan ada kompensasi yang diberikan oleh travel insurance dalam jangka waktu penundaan yang ditentukan.

“Ada juga perlindungan ter­hadap rumah. Itu untuk yang traveling cukup lama dan me­ninggalkan rumahnya, misalnya rumahnya kosong dalam waktu lama,” tambahnya.

Apabila ada kejadian yang menimpa rumah Anda, keba­karan misalnya, pihak asuransi perjalanan Anda akan meng­ganti sesuai dengan premi yang Anda bayarkan. (Abdul Kadir Basalamah/Net)

loading...