LILLE– Wales sangat bangga menjadi satu-satunya wakil Bri­tania Raya yang tersisa di Euro 2016. Bahkan, bintang The Drag­on, Gareth Bale mempersilah­kan suporter Inggris memberi dukungan pada Wales di sisa turnamen.

Terutama, kata Bale, dukun­gan saat mereka bentrok Belgia di babak perempat final, Sabtu (2/7/2016) dinihari WIB nanti.

“Kami sangat senang men­jadi wakil Britania Raya terakhir di turnamen. Itu berarti seka­rang adalah waktunya kami ber­sinar,” ujar bintang Wales, Ga­reth Bale, seperti dikutip Daily Star.

“Kami satu-satunya wakil Britania Raya yang tersisa di dalam kompetisi, yang mana merupakan sebuah pencapaian menakjubkan,” lanjut pemain Real Madrid itu.

“Laga melawan Irlandia Utara adalah pertandingan yang buruk, yang tidak cocok untuk kami, tapi bisa memenangi per­tandingan seperti itu menunjuk­kan semangat tim dan karakter yang kami miliki. Kami sangat senang dan bangga untuk men­gibarkan bendera Wales pada tahap ini,” katanya.

Para pemain Wales sempat dicibir karena mereka terlihat amat girang saat Inggris dika­lahkan oleh Islandia. Mereka dianggap tidak menunjukkan rasa hormat buat Inggris. Na­mun, kemudian Wales punya penjelasan terkait hal ini.

Karena sekarang Inggris su­dah tersingkir, Bale mempersi­lakan jika para suporter Inggris ingin mengalihkan dukungan mereka kepada Wales.

“Jika mereka ingin mendu­kung kami, tentu saja silakan dukung kami. Namun, suporter kami luar biasa dan kami ingin membuat mereka bangga,” tu­kasnya.

Wales begitu bangga kare­na mereka menjadi satu-satu­nya wakil Britania Raya yang tersisa di Piala Eropa 2016. Mereka juga mempersilakan suporter Inggris untuk mem­berikan dukungan.

Sebelumnya, Britania Raya punya tiga wakil di Piala Eropa 2016, yaitu Inggris, Wales dan Irlandia Utara. Tetangga Brita­nia Raya, Republik Irlandia, juga tampil di putaran final.

Keempat negara di atas mampu lolos dari fase grup dan melaju ke babak 16 besar. Akan tetapi, Republik Irlandia kemu­dian dikalahkan tuan rumah Prancis, sedangkan Inggris di­pecundangi Islandia. Sementara itu, Wales lolos ke perempatfinal setelah menyisihkan Irlandia Utara. (Rishad/Dts)

loading...