BOGOR TODAY – Selama bulan Ramadhan 1437 H/ 2016, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah menyiapkan sejumlah pro­gram yang dirangkum dalam tema besar ‘Kebangkitan Zakat’.

Menurut Direktur Amil Zakat Nasional Baznas, Ari­fin Purwakananta, program ini fokus untuk memberikanan lay­anan yang maksimal bagi para musthik.

“Dari program-program yang akan dilakukan ini Baznas ingin menyampaikan bahwa zakat bisa menyelesaikan masalah kemiski­nan. Kedua, baznas melayani orang berzakat sampai semudah-mudahnya. Sehingga nanti tidak ada lagi orang yang kesulitan ber­zakat,” kata Arifin.

Arifin menjelaskan, selama Ramadhan Baznas akan mem­bagikan Paket Ramadhan Ba­hagia yang berisikan sembako dan kebutuhan pokok bagi yang membutuhkan. Dalam penyal­urannya, Baznas bekerjasama dengan layanan ojek online khu­sus di daerah yang didukung oleh aplikasi ojek online. Sementara, bagi kota yang tidak ada layanan ojek online akan diantarkan lang­sung oleh kendaraan pribadi Ba­znas.

Tujuan dari kerjasama ini ti­dak lain untuk memuliakan para mustahik agar tidak perlu men­gantri mengambil bantuan paket Ramadhan Bahagia. Baznas juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi memberikan reko­mendasi alamat mana saja yang terdapat orang miskin atau turut menyumbang untuk setiap paket­nya seharga Rp 200 ribu. “Baznas sudah siapkan 50 ribu paket yang akan disebarkan di 32 provinsi di Indonesia,” kata Arifin.

Lalu, Baznas juga memiliki tim yang disebut dengan Pasukan Umar bin Khatab. Pasukan Umar bin Khatab ini bertugas mem­bantu orang miskin secara lang­sung seperti memenuhi kebutu­han sehari-hari yang mendesak. Pasukan Umar bin Khatab akan berkeliling ke pelosok Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dengan menggunakan lima unit mobil.

Pasukan Umar bin Khatab ini diharapkan dapat membantu sekitar 700 keluarga miskin di wilayah Jabodetabek. Program Pasukan Umar bin Khatab ini terinspirasi pada Khalifah Umar yang datang sendiri ke warga miskin untuk memberikan ban­tuan.

Selama Ramadhan, Baznas juga membuat produk hidangan baik untuk sahur maupun ber­buka puasa bagi para mustahik yang membutuhkan. Program yang disebut juga Hidangan Berkah Ramadhan ini berupa makanan siap saji dengan kema­san dan pelayanan pengiriman terbaik. Hidangan Berkah Rama­dhan akan disalurkan ke pulu­ham ribu warga di panti asuhan, lapas, dan rumah sakit. (Abdul Kadir Basalamah)