HLBANDUNG, TODAY-Pelatih Persib Jajang Nurjaman sedang meraba kekuatan timnya dengan melakukan beberapa rotasi di beberapa pertand­ingan. Salah satunya ia ingin melihat kapasitas sesungguhnya dari bomber asing asal Spanyol mereka Juan Car­los Belencoso. Belencoso diuji oleh Jajang dalam pertandingan melawan Semen Padang Senin (25/7) kemarin dalam ajang Torabika Soccer Champi­onship (TSC) A 2016.

Alhasil Belencoso tidak menun­jukkan grafik pen­ingkatan performa sejak awal musim dan menghendaki ia diputus kon­trak hingga p u t a r a n pertama be­rakhir. Sung­guh menjadi pukulan untuk pemain besar di bekas t i m n y a terdahulu Kitchee SC.

“Saya mencoba untuk merotasi pemain dan saya sudah lakukan sam­bil melihat. Karena saya adalah orang baru di tim ini. Saya butuh kemam­puan sesungguhnya dari seorang pe­main seperti apa. Saya kasih peluang untuk Belencoso dan hasilnya seperti itu,” beber Jajang dalam sesi wawan­cara di Bandara Husein Sastranegara Bandung, Selasa (26/7) sore.

Janur sapaan akrab Jajang me­nyebutkan bahwa pemain berusia 34 tahun itu tidak memiliki kontribusi positif selama 52 menit ia dimainkan. Hasil tersebut sudah cukup membuat Janur paham apa yang harus ia laku­kan dan menyetujui keputusan mana­jemen mendepaknya di jeda setengah musim TSC nanti.

“Sungguh tidak ada kontribus­inya buat tim jadi saya setuju dengan keputusan apa yang diambil manajer (Umuh Muchtar). Dan manajer sudah diskusi dengan saya,” tutur Janur.

Pelatih 58 tahun itupun menegas­kan, tidak ada lagi kesempatan untuk Belencoso bermain dalam sisa per­tandingan di putaran pertama TSC. Pasalnya kesempatan sudah diberikan­nya. “Ya jadi tidak ada kesempatan un­tuk belencoso main lagi,” tegas Janur.

Komisaris PT. Persib Band­ung Bermartabat (PT. PBB) Zainuri Hasyim mengatakan, keputusan un­tuk mengisitirahatkan striker asing mereka Juan Carlos Belencoso tidak diputuskan begitu saja. Zainuri men­gatakan dirinya dan Umuh Muchtar telah melakukan pembicaraan serius soal evaluasi sang striker usai keka­lahan memalukan Persib atas Semen Padang dengan skor 4-0.

Saat itu, dalam pekan ke-12 Torabika Soccer Championship (TSC) A 2016, Belencoso diberikan kesempatan bermain selama 52 menit sebe­lum digantikan Tantan. Itu adalah pertama kalinya ia dimainkan secara reguler pasca pelatih terdahulu Dejan Antonic mundur dari klub.

“Belencoso mungkin hasil evalu­asi secara cepat usai pertandingan kemarin, sudah dievaluasi dilihat dari beberapa kali pertandingan enggak ada peningkatan jadi kita istirahatkan dulu,” ungkap Zainuri mendampingi Umuh Muchtar saat ditemui wartawan di Bandara Husein Sastranegara Band­ung, Selasa (26/7) sore.

Zainuri betul-betul memperlihat­kan kekecewaan dengan penampilan Belencoso yang tak juga memberikan kontribusi positif bagi klub. Bahkan striker asal Spanyol itu tidak juga membukukan gol digelaran TSC ini.

Kekecewasan tentu menjadi, pas­alnya Belencoso adalah salah satu pe­main Persib termahal karena status­nya sebagai pemain marque player. Artinya pemain yang memiliki ang­garan tinggi di luar budget 10 Miliar yang ditetapkan operator TSC, PT. Gelora Trisula Semesta (PT. GTS).

“Kecewa? Saya tanya penampilan dia seperti apa? kita sudah evaluasi bukan karena masalah pribadi tapi melihat kontibusi ke tim seperti apa? Kalau enggak ada (kontribusi) kita ha­rus pikirkan itu,” beber Zainuri.

Cari Sosok Pengganti Belencoso

Persib segera depak bomber as­ing mereka Juan Carlos Belencoso di putaran d u a . Selain itu, Maung Bandung akan mengistirahatkan pemain asal Spanyol itu dalam per­tandingan Torabika Soccer Cham­pionship (TSC) A 2016 kedepan.

Kondisi itu tidak lepas dari kon­tribusi sang pemin hingga pekan ke- 12 TSC A 2016. Dirinya tak juga mem­buka keran golnya untuk Persib dari 8 penampilannya bersama Persib. Bahkan sang pemain kerap dicadangkan pasca Dejan Antonic mundur dari tim.

Manajer Persib Umuh Muchtar mengatakan sementa­ra ini timnya akan terus berjalan saat Belencoso diistirahatkan. Ia mempercayakan tim kepada Ja­jang Nurjaman dengan memaksi­malkan striker yang ada.

Lebih lanjut Umuh bakal membi­carakan persoalan Belencoso kepada direktur utama PT. Persib Bandung Bermartabat (PT. PBB) Glenn Sugita. Manajemen akan mencarikan striker untuk Persib di putaran kedua.

“Sekarang seperti ini dulu, Insya Allah berdoa, saya akan bicara kepa­da Pak Glenn (Sugita) untuk persiapn striker nanti di putaran kedua,” un­gkap Umuh saat ditemui wartawan di Bandara Husein Sastranegara, Se­lasa (26/7) sepulan dari Padang.

Ditanyai incaran tim untuk meng­gantikan Belencoso, Umuh masih belum bisa menerawang. Namun ia menyebutkan sudah ada beberapa tawaran striker baik dari agen untuk memperkuat Persib kelak.

“Sudah ada incaran, yang menawarkan juga baru saja ada, turun nanti (dari badara) akan ada telpon memberikan masukan ke­pada Pak Jajang,” pungkasnya.

(Imam/net)

loading...