SENTUL, TODAY – Dinas Kebudayaan dan Periwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor baru sanggup menggarap sebiji destinasi wisata dari sekian banyak yang ada di Bumi Tegar Beriman.

Hanya Goa Gudawang di Kecamatan Cigudeg yang benar-benar dimiliki pemkab, sementara sisanya dikelola swasta dan seadanya digarap warga setempat.

“Masing-masing kecama­tan punya tujuan khas. Yang harus dipikirkan sekarang, pemerintah harus bisa mem­buat tujuan wisata yang ada siap untuk dikunjungi. Mis­alnya, tidak semua jalan men­uju curug favorit masyarakat bisa dilalui kendaraan,” ujar Kadisbudpar Rahmat Sujana, Jumat (12/2/2016).

Sebagian besar, kata dia, lahan destinasai wisata bukan milik Pemkab Bogor tapi Perum Perhutani. Jadi, untuk agenda pengembangannya harus menyusun perjanjian dengan perusahaan tersebut.

Menurutnya, wilayah paling potensial dan siap kun­jung terdapat di Bogor bagian selatan atau Puncak. Kemu­dian Bogor tengah, terutama di kawasan Sentul Babakan Madang dan wilayah barat Kabupaten Bogor.

“Infrastruktur di kawasan-kawasan itu kan didorong untuk siap kunjung. Teruta­ma di barat, karena akan ada miniatur 99 mssjid dunia di Pamijahan, yang berpengaruh pada perkembangan ekonomi di sana,” jelasnya.

(Rishad Noviansyah)

loading...