photoJAKARTA– Mantan atlet re­nang Indonesia, Richard Sam Bera sangat menyayangkan tidak ada satu pun perenang Indonesia yang lolos limit A Olimpiade Rio 2016 hingga terpaksa tampil lewat fasilitas wild card. Tapi Richard tetap berharap cabang renang berprestasi di Rio de Janeiro nanti.

“Memang sangat disay­angkan karena harusnya tiga putra yang berangkat ke Brasil, tetapi karena ti­dak ada yang mampu tem­bus limit A dan kualifikasi limit B pun tidak bisa langsung jalan begitu saja, sehingga ha­rus ambil jalur wild card dan ini terbatas satu putra dan satu putri. Jadi itu sangat disayang­kan,” kata Richard di kawasan Plaza FX, Senayan, Jakarta, dilansir detiksport, Kamis (21/7/2016).

Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) telah memutus­kan nama Glenn Victor dan Yessy Yosaputra sebagai atlet terpilih penerima wild card. Mereka dipilih karena masing-masing punya poin tertinggi di FINA (Federasi Akuatik Dunia) dibandingkan perenang-pere­nang Indonesia lainnya.

“Secara peluang memang kita masih jauh dibandingkan negara-negara lain. Tetapi karena ini sifatnya partisi­pasi tentu kami harapkan Glenn dan Yessy memperbaiki catatan waktu pribadi mereka dan mungkin bisa memper­baiki ranking mereka di Asia Tenggara supaya SEA Games 2017 bisa memperoleh medali emas,” ujar Richard.

“Sekarang di Olimpiade cabang renang pakai format semifinal. Harapan saya Glenn bisa tembus 18 besar dan capai semifinal. Kalau mental dia kuat dan persiapannya bagus, saya yakin bisa,” imbuhnya. (Rishad/Dts)

loading...