A12-23-7-2016-bOGOR-hEJOALFIAN MUJANI
[email protected]

Gerakan penanaman pohon di bandara-bandara Ang­kasa Pura 1 sudah mulai di­petakan secara detil. Ketua Harian Paguyuban Budiasi Wayan Budi Sutomo memimpin lang­sung survei di 13 Bandara yang menjadi target penghijauan.

‘’Kami mulai lakukan survei di Ban­dara Adi Soemarmo Surakarta, Adi Sucipto Yogyakarta, dan Bandara Ah­mad Yani Semarang,’’ kata Wayan Budi Sutomo kepada Bogor Today yang men­jadi media supporting Gerakan Hijau Negeriku yang dimotori Paguyuban Bu­diasi besutan Mayjen TNI Doni Monardo.

Wayan bersama Tim Paguyuban Budiasi mulai melakukan survei pada tanggal 19 Juli 2016 lalu di Bandara Adi Soemarmo Surakarta. Selain melihat langsung area yang akan ditanami po­hon, Wayan bersama tim juga melaku­kan pembahasan teknis bersama tim dari masing-masing bandara.

‘’Jumlah pohon yang diperlukan su­dah kita hitung bersama. Sementara jenis pohonnya kami masih menunggu permin­taan dari masing-masing bandara. Sebab, jenis pohon ini akan disesuaikan dengan karakter bandaranya juga,’’ kata Wayan.

Wayan sendiri memimpin Tim Survei Koridor Barat. Sementara Tim Survei Ko­ridor Timur menyasar Bandara Banjar­masin dan bandara-badara di kawasan Indonesia Tengah dan Timur.

Tim survei yang dipimpin Wayan tampak bekerja dilapangan sangat detil. Mereka mempelajari detil lahan yang akan dijadikaln lokasi penanaman po­hon. Di area terbuka hijau Bandara Adi Soemarmo Surakarta, misalnya, tim ha­rus bekerja eksta lantaran kawasan ini selain sangat luas juga sangat gundul dan panas. ‘’Alhamdulillah semuanya bejalan lancar,’’ ujar Wayan.

Wayan menjelaskan bahwa Pa­guyuban Budiasi berkomitmen untuk terus bergerak melakukan penghijauan di seluruh nusantara. Paguyuban yang didirikan Mayjen TNI Doni Monardo ini melakukan kerjasama dengan berbagai institusi baik swasta maupun badan usaha milik negara (BUMN). Dalam soal pembibitan pohon, misalnya, Pa­guyuban Budiasi menggandeng Bank BNI. Sementara untuk urusan perawatan pohon yang sudah ditanam di tengah-tengah masyarakat, Paguyuban beker­jasama dengan Korindo.

Paguyuban Budiasi berkeyakinan bahwa kejayaan bangsa Indonesia antara lain bisa digapai dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong dan subur untuk di­tanami aneka ragam tumbuhan, mulai dari pohon buah-buahan hingga pohon keras dan pohon lindung.

Karena itu, menurut Wayan, Pa­guyuban Budiasi akan terus bergerak dan mengajak seluruh elemen masyara­kat untuk bersama-sama giat melakukan penanaman pohon, di manapun dengan memanfaatkan lahan-lahan yang masih kosong. ‘’Ke depan paguyuban juga akan melakukan edukasi di sekolah-sekolah,’’ katanya. (*)

loading...