THAILAND TODAY – Rangga Setiyoko dari Pangkalan SMA Pesat Kota Bogor, Kwartir Ranting Bogor Barat, Kwartir Cabang Kota Bogor dan Kwartir Daerah Jawa Barat, berkesempatan mengikuti 21st National Scout Jambore Thailand yang bertempat di Vajiravudh National Scout Camp, Chonburi Province, Thailand. Kegiatan ini berlangsung dari 26 Oktober sampai 3 November 2019.

Indonesia mengirimkan 73 peserta didik dari kalangan Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak dari 5 provinsi yang ada di Indonesia serta 9 orang Pembina. 5 provinsi tersebut yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Lampung, dan Kalimantan Timur.

Upacara pembukaan 21 st National Scout Jambore Thailand dibuka oleh Putri Raja Rama 10, Beliau berpesan bahwa seorang pramuka harus menjadi suri tauladan,  menjadi orang baik dan   bermanfaat bagi lingkungan, bangsa dan negara.

Banyak kegiatan pada jambore di Thailand ini diantaranya adventure menjelajahi bukit sekitar bumi perkemahan Vajiravudh. Lalu disambung setelah Dzuhur dengan Aktivitas Global Develoment Village dan International Village membuat miniatur pionering serta origami Thailand. Malam hari nya kami merayakan ulang tahun Raja Rama 10 bersama-sama di lapangan utama.

Ada juga kegiatan kelompok yaitu wide games dan membaca peta, ada 3 pos dalam wide games ini. Yaitu : To Be Creative Idea, Cleaning A . Lalu disambung setelah dzuhur aktivitas pengenalan Pramuka Thailand. Ternyata Pramuka di Thailand itu ada 5 macam : ada Navy Scout (Pramuka Laut), Airnavy Scout (Pramuka Udara), Army Scout (Pramuka Darat), Spesial Scout (Pramuka Spesial) dan Royal Scout (Pramuka Kerajaan).

Di Spesial Scout dan Royal Scout di bagi kembali menjadi dua yaitu Boy Scout dan Girl Guide Scout. Lalu disambung kegiatan malam yaitu api unggung (Night Camp Fire). Selain itu kami mendapatkan materi dan pengetahuan tentang provinsi yang ada di Thailand. Lalu di sambung kegiatan siang dengan materi saintis dimana para peserta 21 st Jambore National Thailand 2019 mendapatkan materi tentang Teknologi dan Informasi.

Selanjutnya ada Cultural Day, dimana para peserta dari Indonesia memberikan pengetahuan kepada teman-teman dari Thailand dan Malaysia tentang budaya Indonesia. Ini hari yang paling seru karena mereka sangat bersemangat untuk menanyakan budaya Indonesia.

Hari terakhir perkemahan dimana kami mengikuti modul activity terakhir kami yaitu mengerjakan Pionnering Menara Pandang bersama teman-teman dari Thailand dan di siang hari kami mendapatkan pengetahuan kerajaan thailand. Di sore hari ada clossing party dimana kami makan bersama – sama dan di malam hari nya ada Closing Ceremony serta konser malam. (Selvi/PKL/*)

loading...