BOGOR TODAY – Gunung salah satu tempat yang indah untuk di kunjungi, namun tidak mudah untuk mendakinya. Seperti yang dialami Muhamad Fahmi Assidqi, sebagai seorang yang gemar mendaki gunung, tentunya banyak suka dan duka dialaminya.

“Enaknya jadi pendaki gunung itu, banyak kenalan teman dari rombongan atau pendaki lain, banyak cerita plus pengalaman yang berharga,” ujar pria yang akrab disapa Fahmi itu, Jumat (17/1/2020).

Ada beberapa gunung yang pernah Fahmi daki diantaranya, Gunung Gede, Gunung Pangrango, ketiga Gunung Lawu, keempat Gunung Cikuray, yang kelima Gunung Ciremai dan Gunung Rinjani,” kata siswa SMA 1 itu.

Dari semua gunung yang pernah Fahmi daki, banyak kisah yang menyenangkan maupun yang tidak menyenagkan, slaah satunya kisah mistis yang pernah dialamainya.

“Mungkin semua pendaki pernah mengalami hal masitis, termasuk pengalaman mistis saat mendaki gung yang saya alami saat mendaki Gunung Lawu,” kata dia.

Dia menambahkan, yang paling penting untuk menjadi pendaki atau bagi pemula yang hendak naik gung perlu diperhatikan beberapa hal yang sangat wajib diketahui dan dibawa para pendaki.

“Biaya buat logistik perjalanan plus pendakian sama ongkos transportasi. Tapi, yang paling utama kesiapan mental sama kesehatan fisik aja,” pungkasnya. (Viana/PKL)