Untitled-4RICKY ISKANDAR
[email protected]

Ada pelajaran menarik dari kegiatan menanam pohon yang dilakukan Bogor Hejo-Bogor Today di SMP YZA (Yayasan Zelani Al-Mansyur) Jalan Dr Sumeru, Kota Bogor. Sekolah swasta yang satu ini memiliki pandangan yang luar biasa tentang pentingnya mena­nam pohon dan menjaga lingkungan hidup. Paling tidak ini bisa dilihat dari pendapat kepala sekolahnya, Asep Sapei M.Pd.

‘’Suatu hari Rasulullah berkata kepada para sahabatnya: Seandai­kanya engkau tahu bahwa engkau akan mati besok, jika di genggaman­mu ada biji kurma, maka tanamlah biji kurma itu, niscaya memberi manfaat bagi orang banyak dan menjadi amal kebaikan bagimu,’’ kata Asep mengawali sambutannya pada acara penanaman pohon buah-buahan bersama Tim Bogor Hejo, di lapangan komplek Pendidikan YZA Dr Sumeru, Kamis (2/6/2016)

Hadir pada kesempatan ini Pe­mimpin Redaksi SKH Bogor Today Alfian Mujani, Sekretaris Bogor Hejo Tato Marsito, penggiat Bo­gor Hejo Amalia Dian Puspitasari (Amel) dan Ricky Iskandar. Meski para siswa-siswa SMP YZA sedang melaksanakan ujian kenaikan kelas, namun berkat pandangan kepala sekolahnya yang luar biasa, mereka bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk menanam pohon.

Menurut Asep, kegiatan mena­nam pohon ini mengajarkan kita un­tuk terus optimis dalam menghadapi kehidupan. Dia memberikan harapan hidup dan suatu proses pertumbuhan yang akan bemuara pada pencapa­ian kebakan. ‘’Pohon yang kita tanam dan kita pelihara niscaya akan tumbuh sumbur dan memberikan begitu ban­yak manfaat seperti oksigen, cadangan air bersih, keindahan dan kenyaman­an, dan tentu saja buahnya,’’ kata Asep.

Sebagai sekolah swasta yang di­tunjuk sebagai sekolah rintisan Adi­wiyata, lanjut Asep, SMP YZA memi­liki pengalaman yang kurang baik dalam menanam pohon lantaran sangat sedikit orang yang memiliki kesadaran untuk merawat pohon. ‘’Hari ini kita tanam, besok pohon itu sudah tidak ada lagi,’’ katanya.

Karena itu, lanjut dia, kecintaan dan kesungguhan merawat pohon adalah bagian yang harus terus di­tumbuhkan. ‘’Apa yang dilakukan Bogor Today melalui gerakan Bo­gor Hejo adalah merupakan upaya konkret untuk mengajari masyara­kat menyintai pohon,’’ katanya.

Sebelumnya Alfian Mujani menjelaskan tentang program Bo­gor Hejo, yaitu kegiatan menanam pohon setiap hari. Tujuannya agar kawasan Bogor kembali hijau, sejuk, nyaman dan sehat. ‘’Hal lain yang ingin dicapai adalah ketahanan pan­gan khususnya buah dan terciptanya koridor burung. Pohon buah mem­beri manfaat bagi manusia dan san­gat dicintai burung,’’ katanya.

Lantaran para pelajar SMP YZA sedang mengikuti ujian kenaik­kan kelas, Amel, sapaan Amalia Dian, hanya membagikan empat hadiah kuis pohon kepada tiga pe­lajar dan satu guru. ‘’Mohon maaf hadiah yang kami bawa hanya em­pat karena kami tidak mau meng­ganggu jam ujian kenaikan kelas adik-adik,’’ kata Amel. (*)

loading...