Untitled-30JUVENTUS siap menebus klausul buy out Gonzalo Higuain dari Napoli sebesar 94,7 juta euro (Rp 1,36 triliun). Dengan kata lain, Higuain bakal memecahkan rekor transfer Serie A milik Zinedine Zidane saat diboyong Real Madrid dari Juventus dengan tebusan 73,5 juta euro (Rp 1,05 triliun) pada 2001 silam.

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Media Italia mengabar­kan, Higuain sudah menjalani pemerik­saan medis di Klinik Sanitas La Moraleja, Madrid, Ju­mat (22/7/2016) dan siap menan­datangani kontrak selama empat tahun di J-Stadium.

Italia TV mengungkapkan, striker Argentina itu datang ke Moraleja didampingi CEO Juven­tus, Giuseppe Marotta dan Direk­tur Olahraga Fabio Paratici, dan

sudah mencapai kesepakatan untuk kontrak 7,5 juta euro per musim plus pendapatan dari hak citra. Ju­ventus pun harus membayar 94,7 juta euro sekaligus menebus klausul pembebasan.

Dengan nilai sebesar itu, striker kelahiran Brest, Prancis, 10 Desem­ber 1987 itu menjadi pemain terma­hal dalam sejarah transfer Serie A. Padahal, saat Napoli memboy­ongnya dari Real Madrid pada Juli 2013, Partenopei hanya mengelu­aran 40 juta euro.

Di bawah Zidane, pembelian Zlatan Ibrahimovic dari Inter Mi­lan ke Barcelona menjadi transfer termahal ketiga dengan nilai 69,5 juta euro (Rp 1 triliun). Sedangkan Kaka yang dilepas AC Milan ke Real Madrid menjadi yang termahal ke­empat dengan 65 juta euro (Rp 935 miliar).

Meski bakal memecahkan rekor Zidane, transfer El Pipitta bisa tu­run ke peringkat dua andaikan Paul Pogba meninggalkan Juventus. Kabarnya, Manchester United bera­ni mengeluarkan dana 108 juta euro untuk mendaratkan Pogba ke Old Trafford.

Segera Diperkenalkan

Media Italia lainnya, Sportitalia melansir El Pipita (julukan Higuain) harusnya telah tiba dalam latihan pramusim Napoli di Dimaro awal pekan ini. Namun hingga saat ini batang hidungnya tidak nongol, malah kabar transfernya yang mun­cul.

Ditambahkan oleh Sportitalia kalau attacante 29 tahun tersebut bakal diperkenalkan ke fans Juven­tus pada Kamis (28/7/2016) men­datang. Dengan jadwal debutnya diprediksi saat La Vecchia Signora menjajal West Ham United dalam laga pramusim di London, 7 Agus­tus 2016.

Napoli Siapkan Pengganti

Partenopei pun dikabarkan telah menyiapkan suksesor Higuain di Stadion San Paolo. Adalah striker Argentina lainnya yang uniknya per­nah berseragam Juventus, Carlos Tevez yang kini berseragam Boca Juniors.

Pelatih Napoli, Maurizio Sarri jelas membutuhkan seorang atta­cante jempolan untuk mengisi keko­songan yang ditinggal Higuain. Se­lain Tevez, ada dua nama lain yang masuk bursa kandidat, yakni il capi­tano Inter Milan, Mauro Icardi dan bomber AC Milan, Carlos Bacca jadi dua nama pertama yang di endus media massa Italia sebagai peng­ganti Higuain.

Namun analis sepak bola Spor­titalia, Alfredo Pedulla, mengklaim jika Napoli kini sedang mendekati Tevez, yang pernah memperkuat La Vecchia Signora selama dua musim (2013-2015) dengan sumbangan 50 gol dari 95 penampilan di berbagai kompetisi.

Allenatore Juve, Massimiliano ‘Max’ Allegri ogah berbicara soal kebenaran transfer Higuain ke tim­nya. Hal itu dikatakan Max dalam sesi jumpa pers pasca kekalahan adu penalti di International Cham­pions Cup (ICC) 2016 kontra Mel­bourne Victory, Sabtu (23/7) malam WIB.

“Saya tidak berbicara soal berita dari bursa transfer pemain. Klub yang akan memberi komen­tar soal itu. Satu-satunya hal yang akan saya bicarakan (kepada Anda jurnalis) adalah soal pertandingan malam ini,” kata Allegri berkilah. (*/Snd)

 

loading...