Untitled-3MANCHESTER, Today – Manchester United me­mang pernah punya pengalaman penting pada po­sisi penjaga gawang. Tapi, kali ini Louis van Gaal tampak begitu sibuk dengan urusan kiper-kiper ini.

MU pernah lama gelisah ketika ditinggal Peter Schmeichel. Sejumlah kiper top bergantian masuk Old Trafford, seperti Mark Bosnich, Massimo Taibi, sampai Fabien Barthez, tapi tidak ada yang benar-benar memuaskan Sir Alex Ferguson. Yang terbilang lumayan adalah Tim Howard, tapi MU baru mene­mukan figur idealnya dalam sosok jangkung bernama Edwin van der Saar. Selama enam musim pemain Belanda itu menjadi jaminan mutu di bawah mistar gawang “Setan Merah”.

Setelah Van der Saar pensiun, MU sempat cemas lagi karena awal­nya belum jelas siapa yang lebih konsisten di antara David de Gea dan Anders Lindegaard. Barulah sejak dua musim lalu jawabannya ditemukan: De Gea.

Lalu datanglah Van Gaal, dan De Gea tetap juaranya. Lindegaard tidak dimainkan satu menit pun di pertandingan apapun. Di bulan Oktober, Van Gaal memasukkan Victor Valdes untuk ikut berlatih bersama timnya sembari memu­lihkan cedera. Dari situ MU pun memberi kontrak pada eks kiper Barcelona itu pada Januari 2015.

“Kesibukan” Van Gaal mengu­rusi kiper-kipernya itu datang di akhir musim, ketika De Gea mulai santer dikait-kaitkan dengan Ma­drid, dan Valdes dianggap mem­bangkang dirinya. Lindegaard ma­sih cukup aman ketika ia dijadikan sebagai kiper pertama di ujicoba pramusim di Amerika Serikat.

Walaupun sering menolak me­lepas De Gea, tapi Van Gaal pun tetap memburu kiper, dan dia me­milih Sergio Romero. Kedatangan pemain Argentina itu membuat MU punya lima penjaga gawang, termasuk dengan Sam Johnstone. Di pekan pertama Premiership, Van Gaal mendudukkan De Gea dan Valdes di kursi penonton. Un­tungnya, penampilan Romero di laga melawan Tottenham Hotspur terbilang baik.

Tapi, di pertandingan-per­tandingan berikutnya performa Romero tidak istimewa. Ia malah dianggap minus ketika gagal meng­hentikan dua peluang Swansea yang mengakibatkan gawangnya kebobolan, dan MU kalah 1-2 akhir pekan kemarin. Dengan lima kiper, MU sepertinya masih bermasalah di posisi itu!

Di hari terakhir bursa transfer kemarin, Van Gaal akhirnya mem­persilakan transfer De Gea ke Ma­drid diurus. Uniknya, Van Gaal juga meminta kiper lagi: Keylor Navas. Namun hal ini lebih mudah dimaklumi karena MU juga me­mutuskan melepas Lindegaard ke West Bromwich Albion. Valdes? Tetap dicuekin.

Apa yang terjadi kemudian? Transfer De Gea bermasalah. LFP (asosiasi liga Spanyol) mengonfir­masi dokumen yang dikirim Real Madrid kepada mereka terlam­bat karena baru tiba pukul 00.28, melewati waktu penutupan bursa transfer di Spanyol. Tak jelas.

Padahal, banyak pengamat lebih menitikberatkan skuat MU di lini pertahanan dan penyerangan, karena mereka dianggap kurang kuat di sektor bek tengah, maupun penyerang bagus untuk menopang Wayne Rooney. Tapi Van Gaal sep­ertinya terlanjur sibuk mengurusi kiper-kipernya.

(Adil | net)

loading...