Puasa adalah kegiatan menahan lapar dan haus dari imsak hingga magrib. Haus sering kali tak tertahankan apalagi bulan Ramadan kali ini jatuh pada musim panas. Oleh karena itu, pertama kali yang dilakukan saat buka puasa adalah minum. Sekarang, minuman tersedia beragam apalagi saat bulan Ramadan. Tidak hanya di Indonesia, di Mesir juga memiliki beragam minuman segar saat bulan Ramadan.

  1. Qamar El Din

Qamar El Din adalah minuman favorit di Mesir saat bulan Ramadan. Qamar El Din merupakan minuman yang terbuat dari aprikot kering yang dicampur dengan 1 sendok teh air mawar dan gula. Bahan tersebut dimasak di air mendidih dan diblender hingga menyerupai jus lalu simpan dilemari es untuk buka puasa. Selain enak, Qamar El Din juga baik untuk pencernaan dan metabolisme.

  1. Tamar hindi

Tamar hindi adalah minuman segar dengan perpaduan rasa asam dan manis. Tamar Hindi terbuat dari buah asam jawa yang diambil isinya dan gula yang dimasak dengan air hingga larut lalu dibiarkan meresap. Untuk lebih meresap bisa dibiarkan selama semalam.  Setelah itu disaring dan dimasukkan kulkas.

  1. Sobia

Sobia adalah minuman favorit di Mesir terutama anak-anak. Sobia terbuat dari bubuk beras yang direndam semalam lalu dicampur dengan bubuk kelapa, gula dan susu. Sobia sangat nikmat dinikmati dalam keadaan dingin. Tak hanya di Mesir, di Arab juga gemar dengan minuman kelapa ini dan biasanya dijual dalam kantong plastik pada saat bulan Ramadan.

 

  1. Jallab

Tak hanya di Mesir, Jallab juga banyak disajikan di negara timur tengah seperti Suriah, Palestina dan Lebanon. Jallab terbuat dari kurma atau sirup kurma, molase anggur dan air mawar. Untuk toppingnya bisa ditambahkan almond dan kacang pinus. Jallab biasanya disajikan dalam keadaan dingin saat buka puasa.

  1. Ark sous

Ark sous atau disebut Liquorice drink adalah minuman yang terbuat dari Liquorice atau tumbuhan akar manis. Liquorice biasanya dibuat permen namun kali ini dibuat minuman yang berwarna hitam, agak manis tapi ada sensasi pahit. Walaupun Ark sous bukan selera semua orang tapi minuman ini tetap dicari di bulan Ramadan.

6. Khoshaf

Jika di Indonesia ada salad buah, di Mesir ada Khoshaf. Khoshaf terbuat dari campuran buah-buahan kering seperti aprikot, prem, ara, kismis dan kurma. Semua buah itu direbus dan ditambahkan gula serta air mawar. Setelah gula meleleh, dinginkan dan masukkan kulkas. Sangat nikmat disajikan dalam keadaan dingin saat berbuka puasa.

  1. Kurma dan Susu

Kurma dan susu adalah minuman tradisional yang masih ada hingga sekarang. Membuatnya cukup mudah, hanya dengan merendam kurma dalam susu semalaman. Hari berikutnya dihidangkan dalam keadaan dingin untuk buka puasa.

  1. Karkade

Karkade merupakan minuman paling dinanti di bulan Ramadan terutama di Mesir dan Sudan. Karkade adalah minuman yang terbuat dari rosela yang direbus dengan air dan gula hingga larut. Lalu disaring dan dihidangkan dingin untuk lebih nikmat. Namun, ada juga yang suka menikmatinya dalam keadaan hangat.

  1. Doum

Doum dalam bahasa Indonesia adalah buah zuriat. Buah ini tumbuh subur di tanah Arab. Doum memiliki rasa sedikit asam namun segar saat sudah diolah menjadi jus dalam keadaan dingin.

  1. Kharroub

Kharroub adalah jus carob yang biasa di minum saat bulan Ramadan dan merupakan minuman tradisional Mesir. Kharroub terbuat dari carob yaitu sejenis tanaman perdu yang disebut juga kembaran dari tanaman cocoa. Cara membuatnya mudah, dengan cara merebus carob dengan air dan gula selama satu jam lalu disaring dan disajikan dalam keadaan dingin. Tapi sebelumnya, pastikan carob tertumbuk dengan halus agar air berubah jadi coklat.

Itu adalah 10 minuman khas Mesir yang selalu ditunggu saat bulan Ramadan. Selain menyegarkan, minuman tersebut juga bisa untuk menjaga kesehatan. Jangan lupa minum yang banyak ya biar gak dehidrasi saat puasa.(Net)

 

loading...